Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Penting! Panduan Etika Naik Kereta di Jepang

Kompas.com - 11/Mar/2019, 12:49 WIB
Kereta di Jepang
Kereta di Jepang

OhayoJepang  - Jenis transportasi umum yang paling utama di Jepang adalah kereta. Kereta merupakan moda transportasi paling populer untuk bepergian di Jepang. Walaupun ada jenis transportasi umum lainnya, tetapi sebagian besar orang Jepang menggunakan kereta untuk pergi ke kantor.

Hanya saja, ada beberapa hal yang "harus" dan "jangan" dilakukan saat naik kereta, yang wajib dipatuhi oleh semua orang. Jadi agar terhindar dari kesalahan beretika saat naik kereta yang bisa berakibat memalukan diri sendiri, maka panduan berikut patut Anda baca. Kami membuat daftar etika yang harus Anda lakukan saat naik kereta di Jepang, mulai dari masuk stasiun hingga keluar dari stasiun.  

Etika Naik Eskalator

Sebelum naik kereta, Anda harus naik atau turun eskalator. Eskalator di Jepang difungsikan untuk orang yang berdiri diam atau berjalan. Aturannya sederhana saja, berdiri di salah satu sisi anak tangga eskalator dan sisakan ruang kosong di sebelahnya. Ruang kosong ini untuk orang yang tengah terburu-buru sehingga harus segera menaiki atau menuruni anak tangga, bukan berdiam diri.

Eskalator di Jepang
Eskalator di Jepang

Posisi Anda berdiri diam tergantung daerah mana Anda tengah berada. Misalnya di area Kanto (terutama Tokyo), orang berdiri di sebelah kiri. Sementara di area Kansai, orang berdiri di sebelah kanan. Hal ini mungkin membingungkan jika Anda bepergian ke berbagai kota. Namun jika Anda bingung harus berdiri di sisi kanan atau kiri, ikuti saja orang yang ada di depan Anda.

Antrean masuk ke kereta

Setelah keluar dari eskalator, Anda harus mengantre untuk masuk ke kereta. Orang-orang di Jepang mengantre dengan sopan. Jadi mereka membuat barisan bukan persis di depan pintu menuju kereta, melainkan di samping pintu. Hal ini bertujuan untuk memprioritaskan orang-orang yang hendak turun dari kereta. Setelah semua penumpang sudah turun dari kereta, barulah Anda bisa masuk ke dalam kereta.

Gerbong khusus perempuan

Saat mengantre di barisan untuk masuk ke dalam kereta, pastikan apakah Anda mengantre untuk masuk ke gerbong khusus perempuan atau tidak. Jadi penumpang pria pastikan untuk tidak mengantre di pintu menuju gerbong khusus perempuan.

Penumpang pria bisa menggunakan gerbong khusus perempuan setelah jam 9 pagi atau tergantung dari jadwal kereta tersebut, biasanya ada jadwal tertulis di petunjuk di sekitar area tersebut. Ada baiknya Anda melihat papan petunjuk sebelum naik kereta, agar terhindar dari kejadian memalukan.

Di dalam gerbong kereta di Jepang
Di dalam gerbong kereta di Jepang

Masuk ke dalam kereta

Area dekat pintu cepat sekali dipadati orang-orang. Jadi saat Anda sudah masuk ke dalam kereta, pastikan Anda langsung berjalan ke tengah gerbong sebisa mungkin, sehingga Anda tetap aman dan perjalanan pun jadi lebih nyaman.

Etika di dalam kereta

Saat berada di dalam kereta, tahan diri Anda untuk tidak berbicara di ponsel. Pastikan juga ponsel Anda dalam moda diam (silent). Orang Jepang sangat sensitif dalam menjaga ruang privat mereka sehingga mereka pun juga melakukan hal yang sama pada orang lain. Oleh karena itu, mereka tidak berbicara di ponsel saat di dalam kereta, karena khawatir akan menganggu orang lain. Mereka juga tidak ingin terganggu dengan suara berisik percakapan orang lain yang tengah menelepon.

Berbicara dengan teman bisa dimaafkan dalam tingkat tertentu. Namun kerap kali, orang yang mengobrol di kereta juga tidak disukai penumpang lainnya. Jadi jika memang perlu berbicara dengan teman, pastikan menggunakan suara yang tidak keras. Sebaiknya jangan berbicara sama sekali saat berada di dalam kereta.

Kursi prioritas

Jika Anda dapat kursi kosong, maka Anda sangat beruntung! Hanya saja pastikan Anda tidak duduk di area kursi prioritas. Kursi prioritas adalah untuk penumpang lanjut usia, penyandang disabilitas, dan penumpang yang tengah hamil. Bila Anda duduk di area prioritas ini, pastikan Anda berdiri dan berikan kursi bagi penumpang prioritas yang naik kereta.

Keluar dari kereta

Anda telah tiba di destinasi tujuan Anda! Saat keluar dari kereta yang padat, ucapkan "sumimasen" yang berarti "permisi", dengan sesopan mungkin. Dengan mengucapkan kata ini, orang-orang yang ada di depan Anda akan tahu jika Anda ingin keluar dari kereta.

Stasiun kereta di Jepang
Stasiun kereta di Jepang

Naik kereta di Jepang adalah sebuah pengalaman budaya tersendiri. Jadi pastikan Anda mencoba naik kereta saat traveling di Jepang. Jangan lupa mengingat semua etika dan jadikan pengalaman naik kereta di Jepang sebuah perjalanan yang menyenangkan!

Provided by Karaksa Media Partner (6 February 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR