Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Contekan Rute Tokyo Marathon, Bisa Jadi Ide “Itinerary” Keliling Kota Tokyo

Kompas.com - 8/Mar/2019, 16:08 WIB
Tokyo Marathon
Tokyo Marathon

OhayoJepang - Tokyo Marathon merupakan sebuah ajang maraton tahunan yang diselenggarakan di Tokyo, Jepang. Acara ini kali pertama berlangsung pada tahun 2007.

Kini, ajang maraton tersebut menjadi salah satu acara terbesar di Tokyo. Area untuk maraton menggunakan hampir jalanan di pusat kota Tokyo.

Tahun ini, acara tersebut telah dilaksanakan pada 3 Maret 2019 lalu. Jumlah pelari yang berpartisipasi mencapai 37.603 peserta, termasuk untuk nomor maraton 10 kilometer dan maraton dengan kursi roda.

Dalam ajang maraton ini, peserta lari menyusuri jalanan di pusat kota Tokyo sambil melewati beberapa obyek wisata. Jika dibandingkan dengan rute maraton untuk Olimpiade Tokyo 2020, Tokyo Marathon menggunakan sebagian besar rute yang sama. Jadi ini rute Tokyo Marathon yang bisa jadi referensi Anda saat berwisata ke Tokyo!

Titik start: Shinjuku

Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo. ©Tokyo Convention&Visitors Bureau
Gedung Pemerintahan Metropolitan Tokyo. ©Tokyo Convention&Visitors Bureau

Maraton berawal di distrik Shinjuku dengan titik start berada di jalan tepat di depan gedung Balai Kota Tokyo.

Titik 5 km: Iidabashi

Titik ini berlokasi di area Iidabashi. Pada titik ini, pelari akan mendapatkan air minum dan juga terdapat checkpoint di 5,6 kilometer untuk maraton dengan kursi roda.

Titik 10 kilometer: Nihonbashi

Titik ini berlokasi di area Nihonbashi. Pada titik ini terdapat garis finish untuk pelari pertandingan 10 kilometer. Ada pemandu sorak yang menunggu pemenang di depan garis finish.

Titik 15 km: Asakusa

Kaminarimon Asakusa.
Kaminarimon Asakusa.

Pada titik ini, pelari akan disambut oleh obyek wisata terkenal Asakusa yaitu Kaminarimon. Lalu selanjutnya adalah pemandangan Tokyo Sky Tree di atas jembatan.

Tokyo Sky Tree.
Tokyo Sky Tree.

Titik 20 km: Monzen-nakacho

Kaminarimon Asakusa.
Kaminarimon Asakusa.

Pada titik ini merupakan titik balik tempat para pelari akan berlari kembali ke distrik Taito. Dekat dengan titik tersebut, pelari dapat melihat Kuil Tomioka Hachimangu. Ini merupakan salah satu kuil Shinto terkenal di Tokyo. Dekat dengan titik tersebut, pelari akan mencapai titik setengah jalan yaitu di 21 kilometer.

Titik 25 km: Asakusa

Titik ini berlokasi dengan dengan titik 15 km di Asakusa. Dari titik ini, pelari akan berlari balik ke distrik Chuo di pusat kota Tokyo.

Titik 30 km: Ginza

Area Ginza.
Area Ginza.

Titik ini berlokasi di Ginza, sebuah area perbelanjaan yang terkenal di Tokyo. Dari sini, pelari berlanjut ke area Shinagawa. Pada rute tersebut, pelari akan melewati Menara Tokyo, sebelum mencapai garis finish.

Tokyo Tower.
Tokyo Tower.

Titik Finish

Titik finish maraton ini berlokasi di depan stasiun Tokyo.

Situs web resmi Tokyo Marathon: https://www.marathon.tokyo/en/

Karaksa Media Partner (4 March 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR