Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Belajar Bikin Soba Sendiri? Ini 2 Tempat untuk Membuat Mi Soba di Kyushu

Kompas.com - 3/Jan/2019, 20:06 WIB
Kugino Soba Kenshuu Sentaa
Lihat Foto
Kugino Soba Kenshuu Sentaa

OhayoJepang - Kalau ingin merasakan mie Soba dengan aroma yang kuat, cara terbaiknya adalah memakan mie Soba yang baru saja dibuat. Oleh karena itu, kali ini akan diperkenalkan 2 spot untuk membuat soba sendiri di Kyushu. Musim gugur kemarin adalah musim dari shin-soba (biji tanaman yang merupakan bahan baku mie Soba yang baru saja dipanen).

Pusat Pelatihan “Kugino Soba Kenshuu Center”

Tempat ini menggunakan tepung buatan sendiri yang digiling di pabrik penggilingan tepung yang gedungnya tersambung dengan pabrik soba buatan Minami-Aso. Selain tempat untuk membuat soba yang kaya akan aroma, di sini juga didirikan tempat makan yang memungkinkan pengunjung untuk bisa merasakan soba yang baru saja dibuat. Pengunjung bisa membawa pulang soba dengan biaya tambahan 310 yen.

Tantangan kali ini adalah membuat nihachi soba, mi Soba yang dibuat dengan perbandingan 2:8 antara tepung terigu dan tepung Soba. Pertama-tama dimulai dari memasukkan tepung soba dan tepung terigu ke baskom kayu dan mencampur keduanya sampai butir tepung hilang. Kemudian, masukkan air sedikit demi sedikit, lalu campur adonan dengan rata.

Uleni adonan dengan cepat dan kuat
Uleni adonan dengan cepat dan kuat

Setelah menguleni adonan seolah memijat dengan tangan untuk menghilangkan gumpalan tepung, gabungkan adonan menjadi satu. Bila kita menguleni dengan benar, adonan akan mudah untuk digiling dan mi akan sulit putus saat direbus.

Selanjutnya, ambil tepung terigu dan taburkan di papan penggilingan mi. Lalu adonan yang telah dibentuk seperti jamur, disimpan di atas papan. Kemudian tekan dengan tangan sampai adonan berbentuk kepingan bulat. Lebarkan sampai tipis adonan berbentuk bulatan ini dengan kayu penggiling. Trik yang terpenting adalah jangan terlalu kuat saat menggiling adonan.  

Adonan yang dililitkan ke kayu penggilingan untuk dilebarkan akan terbentuk sudut. Sambil membalik sisi adonan, bentuk adonan menjadi persegi empat dengan ketebalan sekitar 2 milimeter, kemudian lipat adonan.

Tahap tersulit dalam pembuatan mi soba ini adalah bagian memotong adonan mie. Kita harus memotong soba dengan ketebalan sekitar 2 milimeter dengan pisau khusus untuk memotong mi Soba. Poin penting dalam memotong adalah jangan menarik pisau ke arah kita, tetapi tekan pisau dari atas seperti menjatuhkan pisau ke adonan.

Soba yang baru saja jadi siap untuk dimakan
Soba yang baru saja jadi siap untuk dimakan

Hal tersulit adalah tahap terakhir, yaitu memotong! Adonan soba dipotong dengan pisau potong soba agar lebarnya sekitar 2mm. Poinnya adalah memotong agar mi-mi berjatuhan satu-satu dari atas, tanpa menarik pisau ke arah depan kita.

Informasi Tempat
Kugino Soba Kenshuu Center
Alamat: Kumamoto-ken, Aso-gun, Minami Aso-mura, Kain 149-1
Telepon: +81-967-67-0507
Akses: 1 menit jalan kaki dari halte bus Minami Aso-mura Yakuba
Jam operasional kelas membuat soba : 10.00-15.30
Jam operasional tempat makan : 09.30-16.30
Hari libur: Tidak tentu, *Kelas membuat soba libur hari Rabu, Kamis
Biaya membuat soba (4 orang) : mulai dari 3.920 yen (termasuk biaya bahan)
*Waktu yang diperlukan untuk pembuatan mi Soba sekitar 40 menit
*Kelas bisa diikuti mulai dari 1 orang
*Siswa SD ke atas akan dikenakan biaya sama dengan orang dewasa
*Sebaiknya menanyakan jadwal sebelum berkunjung.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.