Ini Hal yang Disiapkan Orang Jepang Sebelum Menghadapi Gempa

Peringatan dini gempa bumi di Jepang Pixabay

OhayoJepang - Di Jepang, warga diharapkan selalu siap menghadapi bencana, terutama gempa bumi. Untuk itu, pemerintah Jepang telah menerbitkan panduan bencana yang bisa diterapkan warga, terutama sebelum gempa bumi terjadi.

Diharapkan, panduan bencana ini mampu membantu warga menyelamatkan diri sebelum bantuan datang.

1. Ketahui rute evakuasi

Ketahui rute evakuasi tidak hanya dari rumah tetapi juga dari tempat kerja, sekolah anak-anak dan tempat-tempat yang sering dikunjungi, dan cetak peta fisik, karena Google maps mungkin tidak berfungsi saat terjadi bencana.

2. Catat nomor darurat

Tuliskan nomor telepon penting dan simpan di kotak darurat. Selain kontak keluarga dan teman, catat kontak darurat dan nomor kedutaan, jika kamu dari Indonesia, catat nomor Kedutaan Besar Indonesia.

Baca juga : Tinggal di Jepang, Kenali Aneka Bencana Alam yang Mengintai

3. Siapkan tas siaga bencana

Tas siaga bencana harus disiapkan. Di dalam tas sebaiknya berisi:

4. Kembangkan pola pikir keselamatan

Misalnya, isi tangki bensin mobil saat sudah setengah kosong; dan mencatat tanda-tanda evakuasi ketika mengunjungi tempat-tempat baru  dan, jika perlu, pelajari kosakata dalam bahasa Jepang terkait gempa dan kanjinya.

Halaman Berikutnya

Halaman:

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!