Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tinggal di Jepang, Kenali Aneka Bencana Alam yang Mengintai

Kompas.com - 31/Jul/2019, 17:20 WIB
ILUSTRASI
ILUSTRASI

OhayoJepang - Ada baiknya kamu mengetahui jenis-jenis bencana alam yang kerap terjadi di Jepang, juga persiapan menghadapi bencana dan juga apa yang harus dilakukan ketika bencana alam itu datang. 

Pertama-tama, berikut ini adalah bencana alam yang biasa terjadi di Jepang dan kemungkinan besar akan kamu hadapi selama tinggal di Jepang:

Gempa Bumi dan Tsunami

Jepang dikelilingi oleh lautan, oleh karena itu tsunami kerap terjadi setelah gempa bumi. Jadi jangan hanya perhatikan skala magnitudo dari gempa bumi tersebut, tetapi juga lokasi dari pusat gempa. Jika pusat gempa terjadi di laut, potensi tsunami semakin tinggi.

Taifun, Banjir, dan Longsor

Taifun mengakibatkan hujan lebat yang bisa menyebabkan banjir terutama di bantaran sungai dan longsor di area pegunungan. Akibat adanya perubahan iklim, bencana taifun, banjir, dan longsor, semakin parah.

Badai salju

Di sisi utara Jepang yang umumnya mengalami suhu hingga di bawah 0 derajat celsius saat musim dingin, salju bisa menjadi berbahaya. Bahaya akibat salju antara lain, membeku hingga meninggal, hipotermia, radang dingin (frostbite), longsoran salju, tertimpa runtuhan atap, dan lainnya. 

Letusan gunung api

Tidak banyak yang tahu bahwa 7 persen dari gunung api yang masih aktif di dunia sebenarnya berlokasi di Jepang. Seperti dikutip dari data Japan Institute of Country-ology and Engineering, ini artinya ada sekitar 100 gunung api yang aktif berada di Jepang.

Jepang memiliki pengalaman lebih dalam menghadapi bencana alam setelah mampu melewati berbagai bencana alam yang besar sepanjang sejarahnya. Lindungi diri kamu selama di Jepang dengan belajar segala tips menghadapi bencana alam dari orang-orang Jepang. Misalnya, tetap siaga terhadap bencana-bencana alam yang disebutkan di atas dengan cara menyimpan peralatan darurat yang penting di rumah, selalu mengecek prakiraan cuaca dan mengetahui peta jalur bahaya. 

Provided by Karaksa Media Partner (15 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.