Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

​5 Level Peringatan dan Hal yang Harus Diperhatikan saat Taifun atau Hujan Lebat di Jepang

Kompas.com - 26/Jul/2023, 15:08 WIB
Musim hujan di Jepang
Lihat Foto
Musim hujan di Jepang

OhayoJepang - Hujan lebat dan taifun di Jepang bisa menyebabkan bencana tanah longsor dan banjir, hingga memakan korban jiwa. 

Dalam kondisi seperti ini, pemerintah akan mengeluarkan perintah atau instruksi evakuasi yang dibagi dalam lima level siaga. Memahami isi instruksi ini sangat penting untuk dapat menyelamatkan diri. 

Kondisi bencana di daerah tempat tinggalmu dapat dilihat melalui situs キキクル kikikuru (distribusi resiko) yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang.

https://www.jma.go.jp/bosai/#area_type=class20s&area_code=1310800&pattern=default 

Baca juga: Mengenal Izin Masuk Kembali ke Jepang atau Re-entry Permit

Memeriksa Jalur untuk Evakuasi

Level Siaga 1

Level siaga satu merupakan sebuah peringatan awal, yang kemungkinan bisa berubah menjadi peringatan.

Saat pemerintah mengeluarkan kondisi level siaga satu, maka yang bisa dilakukan adalah mulai menyiapkan diri jika terjadi bencana dan mencari informasi terkini yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi Jepang. 

Level Siaga 2

Level siaga dua berisi informasi tentang pemberitahuan hujan deras, pemberitahuan banjir, dan pemberitahuan gelombang tinggi.

Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.