Berwisata ke Jepang, Berikut Situs Warisan UNESCO di Wilayah Jepang

Daisen Kofun, gundukan makam terbesar di Jepang dan salah satu Warisan Kebudayaan Dunia UNESCO. ©2011-2019 Nippon Communications Foundation

OhayoJepang - Pada 6 Juli 2019, Komite Warisan Dunia UNESCO mengumumkan pendaftaran resmi Mozu-Furuichi Kofun: Gundukan Makam Jepang Kuno ke dalam daftar Warisan Dunianya, sebagai yang pertama dari Prefektur Osaka.

Sebanyak 49 gundukan makam dibangun dari akhir abad ke-4 hingga akhir abad ke-5 dan terletak di daerah Mozu, Sakai, dan daerah Furuichi, Habikino - Fujiidera.

Makam-makam ini mencakup makan Daisen Kofun yang berbentuk lubang kunci sepanjang 486 meter, gundukan makam terbesar di Jepang. Makam tersebut menjadi tempat peristirahatan Kaisar Nintoku. Sementara, makam Konda Gobyōyama Kofun sepanjang 425 meter adalah tempat peristirahatan Kaisar Ōjin.

Daisen Kofun adalah salah satu situs makam terbesar di dunia. Dewan Internasional Monumen dan Situs, badan penasihat UNESCO, mencatat bahwa "Mozu-Furuichi Kofun di Prefektur Osaka menunjukkan cara tradisi penguburan yang mengagumkan dan struktur sosiopolitik pada era Kofun (abad ke-3 - abad ke-6).

Saat ini, Jepang telah memiliki 23 situs Warisan Dunia, termasuk empat situs Warisan Alam Dunia.

Konvensi Mengenai Perlindungan Warisan Budaya dan Alam Dunia (Konvensi Warisan Dunia) yang disetujui pada Konferensi Umum UNESCO pada 1972 meminta pembuatan sebuah daftar situs alam dan budaya dengan nilai universal yang luar biasa.

Pada Desember 1993, situs-situs Warisan Kebudayaan Dunia pertama Jepang resmi didaftarkan: Monumen Buddha di daerah Kuil Hōryūji (Prefektur Nara) dan Kastil Himeji-jō Castle (Prefektur Hyōgo)

Situs Warisan Kebudayaan Jepang ke-18 terdaftar pada 2018 dengan pengakuan situs Penganut Kristen Tersembunyi di wilayah Nagasaki. Dua situs Warisan Alam Dunia pertama Jepang juga diakui pada Desember 1993: Yakushima (Prefektur Kagoshima) dan Shirakami-Sanchi (Prefektur Aomori dan Akita). Kemudian, diikuti oleh Shiretoko (Hokkaidō) dan kepulauan Ogasawara (Prefektur Tokyo); sehingga terdapat empat situs.

Per Juni 2019, terdapat 1.092 situs Warisan Dunia di seluruh dunia (845 situs Warisan Dunia, 209 situs Warisan Alam Dunia, dan 38 situs gabungan); dengan total 193 negara telah menandatangani "Konvensi Warisann Dunia".

Situs Warisan Dunia di Jepang Tahun Terdaftar Situs Warisan Kebudayaan Dunia (Prefektur) Monumen Buddha di Kuil Hōryūji (Nara) Desember 1993 Kastil Himeji-jō  (Hyōgo) Desember 1993 Monumen Bersejarah Kyoto Kuno (Kyoto dan Shiga) Desember 1994 The Historic Villages of Shirakawa-gō and Gokayama (Gifu and Toyama) Desa Bersejarah Shirakawa-gō dan Gokayama (Gifu dan Toyama) Desember 1995 Hiroshima Peace Memorial (Hiroshima) Desember 1996 Kuil Shinto Itsukushima (Hiroshima) Desember 1996  Monumen Bersejarah Nara Kuno (Nara) Desember 1998 Kuil Nikkō (Tochigi) Desember 1999 Situs Gusuku dan Properti Peninggalan Kerajaan Ryūkyū (Okinawa) Desember 2000 Situs Keramat dan Rute Ziarah Gunung Kii (Nara, Wakayama, dan Mie) Juli 2004 Tambang Perak Iwami Ginzan (Shimane) Juni 2007 Hiraizumi- Situs Arkeologi, Taman, dan Kuil (Iwate) Juni 2011 Gunung Fuji -Tempat Keramat dan Sumber Inspirasi Artistik (Yamanashi dan Shizuoka) Juni 2013 Pabrik Sutra Tomioka dan Berbagai Situs Peninggalan (Gunma) Juni 2014 Situs Revolusi Industri Meiji: Pabrik Besi dan Baja, Pabrik Kapal, dan Tambang Batu Bara (Fukuoka, Saga, Nagasaki, Kumamoto, Kagoshima, Yamaguchi, Iwate, and Shizuoka) Juli 2015 Karya Arsitektur Le Corbusier, Kontribusi Luar Biasa kepada Gerakan Modernisasi (National Museum of Western Art; Tokyo) Juli 2016 Pulau Keramat Okinoshima dan Situs Peninggalan di Wilayah Munakata (Fukuoka) Juli 2017 Situs Penganut Kristen Tersembunyi di Wilayah Nagasaki (Nagasaki dan Kumamoto) Juni 2018 Mozu-Furuichi Kofun: Gundukan Makam Jepang Kuno (Osaka) Juli 2019 Situs Warisan Alam Dunia (Prefektur) Yakushima (Kagoshima) Desember 1993 Shirakami-Sanchi (Aomori dan Akita) Desember 1993 Shiretoko (Hokkaidō) Juli 2005 Kepulauan Ogasawara (Tokyo) Juni 2011

Sumber: Nippon

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!