Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Top Lists

Belanja Oleh-Oleh Libur Natal dan Tahun Baru di Jepang, Ini Rekomendasi Mainan yang Sedang Hits

Kompas.com - 23/12/2019, 20:22 WIB

OhayoJepang - Natal merupakan musim untuk memberikan hadiah. Bagi anak-anak, hal tersebut merupakan masa dalam setahun saat mereka mendapatkan sejumlah mainan dari daftar keinginan mereka.

Di artikel ini, kami perkenalkan beberapa mainan dan tren terkini pada tahun ini di Jepang. Selanjutnya kamu bisa berbelanja mencari hadiah sempurna untuk anak-anak pada musim liburan ini!

Menurut data dari Asosiasi Mainan Jepang, pasar mainan di Jepang pada tahun fiskal 2018 diperkirakan mencapai 840 miliar. Sekitar 40 persennya bersumber dari Natal dan Tahun Baru yang merupakan masa permintaan tertinggi bagi produk mainan.

Christmas Toy Fair 2019 diselenggarakan pada tanggal 4 dan 5 September di Jepang. Pada acara tersebut, sejumlah perusahaan mainan meluncurkan produk-produk khas mereka dalam rangka menyambut musim Natal. 

Hasil dari Christmas Toys Elected by Toy Stores 2019, sebuah pemilihan yang melibatkan pengusaha retail dan grosir untuk memilih mainan-mainan yang paling laris di tahun ini, serta mainan yang paling ingin dijual, juga akan diumumkan.

Pada kategori mainan anak lelaki, tempat pertama dianugerahkan kepada Henshin Belt DX Hiden Zero One Driver (BANDAI). Tempat kedua diberikan kepada Pla-Rail Rails! Vehicles! Scenes! Sixtieth Anniversary Best Selection Set (TOMY) edisi terbatas ulang tahun ke-60, sementara tempat ketiga menjadi milik Let's Play! DX Tomica Tower (TOMY).

[Kategori Mainan Anak Lelaki ] Juara satu diberikan kepada Henshin Belt DX Hiden Zero One Drive. ©  2019 Ishimori Production Inc., tv asahi, ADK Emotions Inc., Toei Company, Ltd.
[Kategori Mainan Anak Lelaki ] Juara satu diberikan kepada Henshin Belt DX Hiden Zero One Drive. © 2019 Ishimori Production Inc., tv asahi, ADK Emotions Inc., Toei Company, Ltd.

Pada kategori mainan bagi anak perempuan, tempat pertama diangugerahkan kepada Sumikko Gurashi Sumikko Sagashi (TOMY), sebuah mainan dengan fungsi kamera. 

Pada tempat kedua ditempati boneka berkostum dari Amerika Serikat L.O.L. Surprise! Makeover Series Hairgoals 2 (TOMY). Tempat ketiga diberikan kepada Shuwabomu Soaprun Sumikko Gurashi DX (SEGA TOYS).

[Kategori Mainan Anak Perempuan] Juara satu diberikan kepada Sumikko Gurashi Sumikko Sagashi. ©  2019 San-X Co., Ltd. All Rights Reserved.
[Kategori Mainan Anak Perempuan] Juara satu diberikan kepada Sumikko Gurashi Sumikko Sagashi. © 2019 San-X Co., Ltd. All Rights Reserved.

Mainan-mainan lain yang masuk peringkat adalah Koroga Switch Doraemon DX Kit (BANDAI) dalam kategori Mainan untuk Pendidikan dan Balita, Jinsei Game Sports (TOMY) di kategori Game dan Puzzle, dan makhluk unik Rizmo (TOMY) dalam kategori Variety.

Semua mainan yang disebutkan tadi dianugerahi juara pertama pada kategori masing-masing.

Rizmo ©  TOMY
Rizmo © TOMY

Ayo kita tengok tren mainan tahun ini yang terbagi dalam tiga kategori berbeda:

Mainan pertama adalah Surprise Toy, produk yang punya kemasan yang unik saat kamu membuka dan kejutan di dalamnya. Sejak diperkenalkan ke Jepang pada tahun 2018, sejumlah produsen mainan telah memproduksi mainan semacam ini. 

Banyak dari mainan tersebut memiliki desain yang lucu dan keren semisal L.O.L. Surprise! Makeover Series Hairgoals 2. Selain itu, masih ada juga WHO are YOU? (SEGA TOYS), yang dapat berubah bentuk menjadi binatang-binatangan setelah direndam air, dan ada juga Poopsie Slime Surprise! (BANSAI), yang dapat menghasilkan slime beragam jenis. 

Salah satu alasan mainan-mainan ini begitu terkenal adalah karena mainan tersebut memberikan sebuah pengalaman. Bahkan hanya dengan membuka kemasan mainan tersebut saja sudah memberikan kesenangan.

L.O.L Surprise! Makeover Series Hair Goal 2 dan beberapa Mainan Kejutan lainnya menjadi tren tahun ini. ©  TOMY © MGA
L.O.L Surprise! Makeover Series Hair Goal 2 dan beberapa Mainan Kejutan lainnya menjadi tren tahun ini. © TOMY © MGA

Mainan kedua adalah Game Olahraga. Kemeriahan dari Piala Dunia Rugby dan kesiapsiagaan menyambut Olimpiade Tokyo telah mengangkat minat konsumen terhadap mainan-mainan olahraga. 

Selain Jinsei Game, Bouldering Race (EPOCH), dan Yakyuban 3D Ace Super Control (EPOCH) telah diperkenalkan di pasaran.

Mainan bertema olahraga seperti Jinsei Game Sports menjadi makin terkenal. . ©  1968, 2019 Hasbro. Hak Cipta Dilindungi.
Mainan bertema olahraga seperti Jinsei Game Sports menjadi makin terkenal. . © 1968, 2019 Hasbro. Hak Cipta Dilindungi.

Kategori terakhir adalah Mainan Programing, yang mampu mengembangkan pemikiran pemrograman dan kemampuan pemecahan masalah pada anak-anak sambil mereka bermain. 

Produsen utama terjun ke dalam pasar ini sekitar dua atau tiga tahun lalu untuk mempersiapkan pendidikan pemrograman, yang merupakan pelajaran wajib di sekolah dasar mulai tahun 2020. 

Koroga Switch Doraemon DX Kit dan Hajimete-no Programming! Dono Michi Toru? Anpanman Drive Car (SEGA TOYS) dipandang akan memperkokoh jajaran tren mainan pendidikan tahun ini.

Koroga Switch Doraemon DX Kit, memenangkan juara satu pada kategori Mainan Pendidikan dan Balita © Fujiko-Pro,  Shogakukan Inc.Shogakukan, tv asahi, Shin-ei, ADK
Koroga Switch Doraemon DX Kit, memenangkan juara satu pada kategori Mainan Pendidikan dan Balita © Fujiko-Pro, Shogakukan Inc.Shogakukan, tv asahi, Shin-ei, ADK

Mainan mana yang akan kamu hadiahkan untuk buah hati pada liburan kali ini?

Provided by Japan Walker™, Walkerplus™, and Tokyo Walker™ (18 October 2019)

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
 
Pilihan Untukmu
Close Ads

Copyright 2008 - 2024 PT. Kompas Cyber Media (Kompas Gramedia Digital Group). All Rights Reserved.