Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Unik, Ikan Fugu di Restoran Ini Dipotong dengan Teknik Rahasia

Kompas.com - 10/Aug/2018, 10:00 WIB
Ikan buntal yang ditata layaknya kelopak bunga pohon peony terlihat indah
Ikan buntal yang ditata layaknya kelopak bunga pohon peony terlihat indah

OhayoJepang - Kawasan Kita Kyushu dikuasai oleh restoran-restoran ikan Fugu (ikan buntal) yang terkenal menyediakan ikan buntal berkualitas. Kita Kyushu berada di Distrik Kokura-kita, Prefektur Fukuoka, Jepang.

Salah satu di antaranya adalah Shokurakuan Furukawa (di Kita Kyushu-shi, Kokura-kitaku) yang memotong ikan buntal mereka dengan cara tradisional yang unik yang dinamakan “koshiki-hiki”.

Ikan buntal pemberi kebahagiaan sejati

Di restoran Furukawa, Anda dapat merasakan ikan buntal Jepang produksi dalam negeri. Di sini ikan buntal dipotong dengan teknik rahasia koshiki-hiki yang sudah diwariskan secara turun temurun sampai 3 generasi.

Meskipun tidak kuat, rasanya sangat sedap. Rasa manis dari potongan daging ikan buntal yang tipis benar-benar berkualitas. Di restoran ini Anda juga dapat menikmati ikan buntal bakar atau hirezake (sake yang dicampur dengan sirip ikan panggang) tanpa menyisakan kelezatannya.

Restoran khusus masakan ikan buntal di depan stasiun JR Nishi Kokura-eki
Restoran khusus masakan ikan buntal di depan stasiun JR Nishi Kokura-eki

Cara potong koshiki-hiki berbeda dengan cara potong tipis pada umumnya. Untuk cara potong koshiki-hiki, daging ikan buntal yang dipotong tebal akan dipotong lagi dengan pisau dari arah samping supaya terbentuk lekukan seperti parit.

Lekukan ini mengikat baik ponzu (campuran kecap asin dan sari buah jeruk) atau yakumi (bumbu atau sayuran penyedap rasa). Selain itu, lekukan tersebut juga menonjolkan kelezatan serta rasa manis dan tekstur dari daging ikan buntal.  

Untuk mendapatkan kelezatan sejati seperti itu tentu saja diperlukan teknik level atas yang tidak bisa dikuasai hanya dalam semalam. Di sini disediakan pilihan bangket, harganya mulai dari 5.980 yen. Perlu reservasi minimal dua hari sebelumnya.

Edisi terbatas musim, sate ikan buntal pun memberikan kelezatan terbaik
Edisi terbatas musim, sate ikan buntal pun memberikan kelezatan terbaik

Anda dapat merasakan tiga jenis sate ikan buntal untuk bangket koshiki-kaiseki (5.980 yen) dan bangket kiwami-kaiseki (8.980 yen), jadi kedua pilihan bangket ini sangat direkomendasikan. Anda bisa merasakan kelezatan ikan buntal dengan lebih jelas jika membakarnya.

Kedua jenis jamuan ini benar-benar pilihan luar biasa yang populer di antara penikmat ikan buntal. Tiga jenis sate yang dapat dinikmati dari kedua pilihan bangket adalah sate daging dan kulit ikan buntal bakar biasa, sate dua warna yang diberi miso (bumbu dari fermentasi kedelai dan beras), dan sate bakar gaya wakasa (sisik ikan tidak dihilangkan dan diberi sake).

Hirezake dengan kelezatan dan wangi sedap sirip ikan buntal yang dipanggang lembut.
Hirezake dengan kelezatan dan wangi sedap sirip ikan buntal yang dipanggang lembut.

Selain itu, ada pula hidangan yang mendapatkan penilaian tinggi sebagai “produk makanan yang diakui di Kita Kyushu”. Hidangan tersebut adalah torafuku-hirezake (780 yen), yaitu hirezake dari sirip ikan buntal Jepang.

Sirip ikan buntal Jepang yang dikeringkan di bawah sinar matahari selama tiga hari. Lalu dipanggang selama dua jam dengan hati-hati. Tidak ada bau yang tidak enak, yang ada adalah rasa dan wangi sedap ikan buntal yang menakjubkan. Rasanya tetap enak meskipun sake-nya dingin.

Bagian dalam restoran bergaya Jepang yang nyaman dan menenangkan
Bagian dalam restoran bergaya Jepang yang nyaman dan menenangkan

Bagian dalam restoran bergaya Jepang dan nyaman. Tempat duduknya lengkap, lantai satu berupa kursi bermeja, sedangkan di lantai dua terdapat ruang lesehan bertatami yang nyaman untuk bersantai dan ruang pribadi.

Selain dekat dengan stasiun JR Nishi Kokura-eki, kelebihan lain dari restoran ini adalah satu gedungnya yang mampu digunakan untuk berbagai macam tujuan seperti menjamu tamu bisnis, perayaan peringatan Buddha, pesta akhir tahun, dan yang lainnya.

Informasi tempat
Shokurakuan Furukawa
Alamat: Fukuoka-ken, Kita Kyushu-shi, Kokura-kitaku Muromachi 2-10-16
Akses: stasiun JR Nishi Kokura-eki
Jam operasional: 12.00-15.00, 17.00-22.00 (LO: 21.30)
Hari libur: Tidak tetap

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (04 Juni 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR