Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berbeda dengan Situs Panduan Wisata Lainnya, Ini Keunikan Ohayo Jepang

Kompas.com - 2/Jul/2018, 09:34 WIB
Peresmian Ohayo Jepang dibuka dengan ketukan Kagamiwari asal Jepang
Peresmian Ohayo Jepang dibuka dengan ketukan Kagamiwari asal Jepang

JAKARTA, KOMPAS.com - Ohayo Jepang merupakan hasil kolaborasi antara Kompas.com dengan Karaksa Media Partner. Berbeda dengan situs panduan perjalanan mainstream, Ohayo Jepang menghadirkan panduan wisata yang unik dengan konten yang dikerjakan langsung oleh jurnalis Jepang. Konten ini kemudian diterjemahkan dan diedit tim Kompas.com untuk ditayangkan di situs Ohayo Jepang.

“Kolaborasi antara Kompas.com dan Karaksa Media Partner ini menjadi unik karena ketika membaca, Ohayo Jepang menghadirkan pengalaman baca yang unik karena perspektifnya benar-benar ala Jepang,” kata Direktur PT Kompas Cyber Media (KCM) Andy Budiman, saat ditemui usai peluncuran Ohayo Jepang di festival Ennichisai 2018, Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Pembaca Ohayo Jepang pun bisa menemukan beragam panduan wisata, kuliner, belanja di Jepang dengan konten yang otentik dan ditulis oleh jurnalis Jepang. “Ini merupakan passion project dari teman-teman Travel Kompas.com (travel.kompas.com) untuk menghadirkan konten ini bersama Karaksa Media Partner,” tambah Andy.

Peluncuran situs panduan otentik jelajah Jepang, Ohayo Jepang (ohayojepang.kompas.com) berlangsung di sela-sela festival budaya dan kuliner jepang, Ennichisai 2018 yang berlokasi di Little Tokyo, Blok M Square, Jakarta Selatan, Minggu (1/7/2018).

Saat peluncuran Ohayo Jepang, acara dimeriahkan dengan pembukaan tarian tambour dan pada acara puncak dilakukan upacara Kagamiwari. Kagamiwari atau memecahkan tong sake (sake barrel) kerap dilakukan di Jepang sebagai bentuk acara puncak dalam suatu upacara peresmian.

“Kagamiwari merupakan upacara pembukaan di Jepang. Sekaligus untuk mengucap syukur dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa agar tidak ada masalah yang melanda. Jadi ini dilakukan untuk memohon kelancaran website Ohayo Jepang itu sendiri,” kata Yuki asal Jepang, dari Karaksa Media Partner saat ditemui di usai peluncuran Ohayo Jepang, di Jakarta, Minggu (1/7/2018).

Minum sake bersama saat peluncuran Ohayo Jepang, Minggu (1/7/2018).
Minum sake bersama saat peluncuran Ohayo Jepang, Minggu (1/7/2018).

Sementara itu, festival Ennichisai sendiri dianggap menjadi tempat yang cocok untuk menyelenggarakan peluncuran Ohayo Jepang. Hal ini dikarenakan acara tersebut merupakan wadah bagi para pecinta budaya Jepang.

“Ennichisai ini hasil dari kerja sama Jepang dan Indonesia, jadi ini pusat pameran budaya Jepang yang terbesar. Sama seperti Ohayo Jepang, kami bekerja sama dengn Karaksa Media Partner untuk menciptakan konten. Ini adalah kolaborasi yang unik dan otentik,” tutur Direktur PT Kompas Cyber Media (KCM) Andy Budiman, di kesempatan yang sama.

Pembaca Ohayo Jepang bisa menemukan beragam panduan wisata, kuliner, belanja di Jepang dengan konten yang otentik dan ditulis oleh jurnalis Jepang. Ohayo Jepang juga tengah mengadakan kuis berhadiah tiket pesawat Jakarta-Osaka (PP) dan menginap di hotel Karaksa Hotel Namba, Osaka selama tiga malam.

Peserta bisa mengikuti kuis sebanyak maksimal satu kali setiap harinya. Kuis berlangsung dari 30 Juni 2018 hingga 15 Juli 2018. Pemenang terpilih akan diumumkan dua minggu setelah periode kuis berakhir. Untuk mengikuti kuis ini, jawab pertanyaan pada banner di bawah ini, cukup dengan klik "MULAI". Syarat dan ketentuan berlaku.

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR