Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Sumiyoshi Jinja, Salah Satu Kuil Tertua di Jepang

Kompas.com - 29/Apr/2018, 11:02 WIB
Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Sumiyoshi Taisha Chikuzen

KOMPAS.com - Kuil Sumiyoshi Taisha yang ada di tengah Kota Fukuoka ini merupakan salah satu kuil dari tiga kuil Sumiyoshi terbesar dan tertua di Jepang. Kuil ini merupakan kuil pusat dari 2.129 kuil yang ada di seluruh Jepang.

Luas kuil ini sekitar 26.500 meter persegi, mulai dari bangunan utama (Honden) yang terdaftar sebagai warisan nasional Jepang, Noh Gakudo (panggung pertunjukan tradisional bernama Noh) yang terdaftar sebagai warisan budaya kota, patung pesumo tua, sampai dengan power spot dan masih banyak fasilitas lainnya.

Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Ajaran kuil Sumiyoshi sendiri sudah sangat tua, bangunannya pun telah ada lebih dari 1800 tahun lalu. Bagunan utama (Honten) di kuil ini pun menggunakan gaya bangunan kuil tertua yang disebut sebagai sumiyoshi dzukuri. Kuil ini merupakan hasil renovasi yang dilakukan oleh samurai bernama Kuroda Nagamasa pada tahun 1623.

Dewa yang ada di kuil merupakan dewa laut bernama Sumiyoshi Samjin. Kuil yang memiliki dewa laut bisanya terletak di dekat laut, namun kuil ini berada di tengah daratan. Hal ini dapat terjadi karena daerah ini dulunya merupakan sungai bernama Nakagawa yang menjorok ke laut.

Dewa Sumo
Dewa Sumo
Kuil ini juga memiliki Dewa Sumo, kita dapat melihat patung berbentuk pesumo zaman dulu yang sangat berotot di dekat bangunan utama (Honten). Di tangan kanan patung tersebut ada tulisan kanji bertuliskan Chikara (kekuatan) yang konon bisa memberikan energi untuk menjadi kuat bila disentuh. Selain itu, bisa juga meningkatkan keberuntungan.

Ada banyak kuil kecil dengan berbagai dewa
Ada banyak kuil kecil dengan berbagai dewa
Ada banyak kuil kecil dengan berbagai dewa, salah satunya kuil Fukubun Toban yang ada di depan kuil Shiga. Kuil ini merupakan kuil kecil yang dibangun oleh salah satu penganut kuil yang memenangkan lotre dan ingin membagi keberuntungannya dengan orang lain.

Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Daerah kuil ini dikelilingi oleh pepohonan rindang yang tidak disentuh sejak dulu kala, sehingga hanya dengan melihat pepohonan tersebut entah mengapa perasaan menjadi tenang.

Informasi Tempat
Sumiyoshi Taisha Chikuzen
Alamat: Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Hakata-ku, Sumiyoshi 3-1-51
Akses: Jalan kaki 10 menit dari stasiun Hakata JR Line
Jam operasional : 9.00-17.00
Hari libur : Tidak ada

Provided by Japan Walker™ , Kyushu Walker™ (10 January 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR