Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Toko Alat Tulis Tradisional Jepang, Sudah Berusia 150 Tahun!

Kompas.com - 11/May/2024, 21:28 WIB
Toko buku Toko Kyukyodo di Ginza, berusia lebih dari 100 tahun.
Lihat Foto
Toko buku Toko Kyukyodo di Ginza, berusia lebih dari 100 tahun.

OhayoJepang - Ginza adalah pusat kota Tokyo, dengan jalan-jalan yang penuh pesona. Meski sempat terbakar hebat pada era Meiji, Ginza kini telah bersolek menjadi kota modern setelah dulunya dikenal sebagai kota batu bata.

Sekitar 150 tahun sejak itu, banyak toko di Ginza yang didirikan pada era Edo dan Meiji, dan masih bertahan hingga sekarang meskipun telah melalui bencana gempa dan perang. 

Kali ini, Ohayo Jepang akan memperkenalkan toko alat tulis tradisional di Ginza yang telah dicintai selama lebih dari 100 tahun. 

Tokyo Kyukyodo

Toko yang akan kami perkenalkan kali ini adalah Tokyo Kyukyodo. Di sini, kamu dapat merasakan aroma tradisional Jepang yang kental banget. Kyukyodo adalah toko spesialis dupa, kertas washi, dan alat tulis Jepang yang dibuka di Ginza pada tahun 1880. 

Baca juga: Berkunjung ke Toko Alat Tulis Berusia 1 Abad di Jepang, Bisa Belanja Oleh-oleh

Awalnya, toko ini didirikan di Kyoto pada tahun 1663 sebagai toko obat. Jika dihitung dari waktu pendiriannya, Kyukyodo memiliki sejarah lebih dari 350 tahun!

Washi adalah kertas yang dibuat dengan cara tradisional dan khas Jepang. Dibandingkan dengan kertas lain, kertas washi ini lebih tipis namun kuat, sehingga memiliki keunggulan dalam hal ketahanan yang lebih lama.

Seperti yang terlihat pada foto, di pintu masuk tergantung karakter Kanji untuk "" , yang bisa dibaca kyu atau hato, yang digunakan dalam bagian "Kyu" dari Kyukyodo

Karakter ini berarti "Burung Merpati" atau hato dalam bahasa Jepang. Oleh karena itu, logo yang terukir di dinding di atas pintu masuk juga menggambarkan dua ekor merpati.

Toko ini ramai tidak hanya dengan warga lokal tetapi juga dengan turis asing yang mencari oleh-oleh.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.