Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Informasi Ujian: Tokutei Gino No.1 "Konstruksi"

Kompas.com - 25/Jan/2024, 14:42 WIB
Ilustrasi.
Lihat Foto
Ilustrasi.

OhayoJepang - Kali ini, mari kita lihat informasi seputar ujian untuk mendapatkan status kependudukan "Tokutei Gino No.1" dalam bidang konstruksi. Ujian dalam bidang konstruksi dibagi menjadi tiga bagian: "Teknik Sipil", "Arsitektur", dan "Infrastruktur & Peralatan". 

Baca juga : Syarat Tokutei Gino Harus Lulus Bahasa Jepang Tingkat A2 Kerangka Acuan Pengajaran Bahasa Jepang, Apa Itu?

Kamu harus mengikuti ujian untuk jenis pekerjaan yang dapat kamu kerjakan atau yang kamu inginkan. 

Namun, jika kamu telah menyelesaikan Pelatihan Teknis No.2 dengan baik,kamu dianggap telah memenuhi standar keterampilan dan tingkat bahasa Jepang yang diperlukan, dan akan dibebaskan dari ujian berikut.

Ringkasan Informasi terkait Ujian yang DiwajibkanUntuk mendapatkan status kependudukan "Tokutei Gino No.1" dalam bidang konstruksi, kamu harus lulus ujian yang dapat membuktikan tingkat keterampilan dan kemampuan bahasa Jepang kamu.

(1) Ujian untuk Mengukur Keterampilan

  (a)Ujian Evaluasi Tokutei  No.1  dalam Bidang Konstruksi (b)Ujian Keahlian Tingkat 3
Tingkat Keterampilan Ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan untuk membaca gambar dan bekerja dengan aman dan tepat di bawah instruksi dan pengawasan pemimpin, serta pemahaman tentang keselamatan.
Syarat Mengikuti Ujian ・Orang asing yang berusia 17 tahun atau lebih pada hari ujian ・Orang yang ingin bekerja di Jepang jika mereka lulus ujian ・Jika mengikuti ujian di Jepang,  wajib memiliki izin tinggal di Jepang Ditujukan untuk mereka yang memiliki pengalaman kerja selama 6 bulan atau lebih.
Bahasa yang Digunakan Bahasa Jepang
Metode Ujian Ujian praktik dan ujian tertulis dengan sistem CBT Ujian praktik dan ujian tertulis
Lokasi Ujian Ujian diadakan di dalam dan luar Jepang → Dilaksanakan di Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta, Medan, Semarang, Denpasar Hanya diadakan di Jepang

(a) "Ujian Evaluasi Tokutei Gino No.1 dalam Bidang Konstruksi"

  Ujian Tertulis Ujian Praktik
Jumlah Soal 30 soal 20 soal
Waktu Ujian 60 menit 40 menit
Format Soal Metode Benar/Salah (○×) dan pilihan ganda  Metode Benar/Salah (○×) dan pilihan ganda 
Metode Implementasi Sistem CBT Sistem CBT
Standar Kelulusan 65% atau lebih dari total poin 65% atau lebih dari total poin

Sumber: 一般社団法人建設技能人材機構「建設分野特定技能の評価試験情報と申込み」


(b) “Ujian Keterampilan Tingikat 3 (Gino Kentei 3 kyu)”

Ujian Keterampilan Tingkat 3 atau Gino Kentei 3 kyu adalah kerangka sertifikasi nasional untuk menguji tingkat keterampilan, dengan prefektur sebagai pelaksana utama. Kamu harus mengikuti ujian yang sesuai dengan jenis pekerjaan yang kamu inginkan.

Misalnya, jika kamu lulus Ujian Keterampilan Tingkat 3 dalam Bidang Pekerjaan Arsitektur lanskap(Zoen) dan mendapatkan visa Tokutei Gino No.1, kamu akan dapat bekerja dalam semua pekerjaan yang tercakup dalam bagian jenis pekerjaan "Teknik Sipil".

Halaman:
Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.