Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Upaya Perusahaan Jepang Tingkatkan SDM Mencapai Tokutei Gino No. 2

Kompas.com - 4/Jan/2024, 14:45 WIB
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo Big Sight East Exhibition Hall 1-3
Lihat Foto
Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023 di Tokyo Big Sight East Exhibition Hall 1-3


OhayoJepang - Tak hanya merekrut tenaga kerja dalam Tokutei Gino, perusahaan Jepang juga berupaya meningkatkan sumber daya manusia atau SDM asing untuk meningkatkan kemampuan mereka.

Salah satunya adalah XYMAX SALA Corporation yang telah merekrut total 100 orang Indonesia dengan status Gino Jisshu atau Tokutei Gino.

Dalam "Building Maintenance Human Fair & Clean EXPO 2023" yang digelar oleh Japan Building Maintenance Association, organisasi penyelenggara ujian praktik di Bidang Pembersihan Gedung, dan Japan Management Association di Tokyo dari 15 hingga 17 November lalu, XYMAX SALA Corporation mengungkapkan upayanya dalam meningkatkan SDM asing.

Hal ini turut dirasakan langsung oleh pekerja asal Indonesia bernama Fatimah, yang telah bekerja dengan status Gino Jisshu selama tiga tahun dan sekarang bekerja sebagai pekerja dengan status Tokutei Gino No.
"Saya pikir saya telah berhasil maju dengan baik di XYMAX SALA.
Pembelajaran untuk meningkatkan jenjang karir saya sulit, tetapi saya pikir itu layak untuk dicoba,” ujarnya.


“Saya dikelilingi oleh lingkungan yang mendukung dan dapat berlatih dengan dukungan banyak orang, jadi saya sangat menikmati pekerjaan saya di lapangan dan ingin terus membangun karir saya di pekerjaan yang terkait dengan lapangan,” imbuhnya.

XYMAX SALA juga mempertimbangkan tentang jenjang karir para pekerja seperti Fatimah dan mendukung mereka untuk mendapatkan pengalaman manajemen di lapangan dan menjadi pekerja dengan Tokutei Gino No. 2 di masa mendatang.

Upaya yang akan dilakukan

XYMAX SALA berencana melakukan upaya-upaya seperti berikut.

  1. Pendaftaran akan dilakukan agar dapat diakui sebagai Registered Support Organization untuk mendukung para SDM global secara internal dengan metode yang telah diperoleh.
  2. Perolehan pelanggan baru dan pemanfaatan efektif waktu perpindahan antara lapangan untuk menciptakan pekerjaan selama slot waktu yang paling kosong.

Hal-hal seperti ini adalah upaya perusahaan untuk mendukung tenaga kerja asing dengan Tokutei Gino. 

Program Tokutei Gino No.2 adalah kesempatan baik bagi orang asing untuk bekerja di Jepang dalam jangka panjang, dan diharapkan akan ada lingkungan kerja yang lebih baik dengan peningkatan jumlah perusahaan yang berfokus pada dukungan terhadap mereka.

Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.