Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menyambut Tahun Baru ala Jepang: Persiapan sebelum Pergantian Tahun

Kompas.com - 26/Dec/2023, 16:35 WIB
Tradisi makan soba di malam menjelang tahun baru yang dipercaya membawa keberuntungan dan umur panjang.
Lihat Foto
Tradisi makan soba di malam menjelang tahun baru yang dipercaya membawa keberuntungan dan umur panjang.

OhayoJepang - Setelah perayaan Natal selesai, suasana di Jepang berubah menjadi mode persiapan menyambut tahun baru. Kali ini Ohayo Jepang akan memperkenalkan beberapa kebiasaan umum yang dilakukan orang Jepang dalam dalam menyambut pergantian tahun.

Menulis dan mengirim kartu ucapan tahun baru (nengajo)
Walaupun cara pengirimannya telah berubah seiring perkembangan teknologi, dari kartu fisik menjadi email atau pesan di sosmed, inti dari tradisi ini tetap sama. Orang Jepang akan menulis ucapan selamat dan harapan baik untuk orang-orang terkasih mereka di tahun yang akan datang. Jika ingin agar bisa sampai tepat waktu di tahun baru, kamu harus sudah mulai mengirim nengajo sejak pertengahan bulan Desember.  

Membersihkan rumah secara besar-besaran (osoji)
Orang Jepang biasanya mulai bersih-bersih setelah perayaan natal dan berlangsung hingga satu hari sebelum pergantian tahun. Dengan membersihkan seluruh rumah, orang Jepang percaya bahwa mereka dapat menyambut tahun yang baru dengan fisik dan mental yang segar dan siap untuk tantangan baru.

Baca juga: Tradisi Natal yang Hanya Ada di Jepang

Pulang ke kampung halaman (kisei)
Tahun baru biasanya menjadi momen untuk pulang ke kampung halaman dan berkumpul bersama keluarga. Liburan panjang sekitar seminggu memberikan kesempatan yang cukup bagi mereka untuk merayakan pergantian tahun bersama orang-orang yang dikasihi. 

Makan soba di malam menjelang tahun baru (toshikoshi-soba)
Saat malam menjelang tahun baru, orang Jepang biasanya akan makan soba. Makanan ini tidak hanya enak, tapi juga penuh dengan makna. Soba yang mudah dipotong melambangkan pemutusan hubungan dengan kesialan di tahun yang lama. Bentuknya panjang dan pipih juga dipercaya membawa keberuntungan ​dan umur panjang.

Jadi, menjelang pergantian tahun, orang Jepang tidak hanya merayakan, tetapi juga mempersiapkan diri dan lingkungannya untuk menyambut tahun baru dengan semangat baru. Bagaimana dengan kalian?

Baca juga: Tradisi Bekerja di Jepang: Apa Itu Tradisi Bonenkai dan Shinnenkai?

 

Provided by Karaksa Media Partner (25 Desember 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.