Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Seri Nihongo Ojisan: Penggunaan Sapaan Ohayo Gozaimasu, selain untuk Ucapan Selamat Pagi

Kompas.com - 7/Dec/2023, 09:53 WIB
Ilustrasi. Penggunaan sapaan ohayo gozaimasu.
Lihat Foto
Ilustrasi. Penggunaan sapaan ohayo gozaimasu.

OhayoJepangHalo, saya Nihongo Ojisan. Dalam seri ini, saya akan berbagi pengalaman saya dalam belajar bahasa Jepang langsung di Jepang. Topik kali ini adalah penggunaan sapaan Ohayo Gozaimasu.

Setiap pagi, saya menyapa teman sekelas saya dengan Ohayo gozaimasu. Di sore hari, saya menyapa dengan menggunakan sapaan「こんにちは」atau Konnichiwa, yang artinya selamat siang. Jika malam, saya akan menggunakan 「こんばんは」atau Konbanwa.

Itu semua saya dapatkan dari buku teks belajar Bahasa Jepang. Kenyataannya, saya mendapatkan pengalaman yang berbeda. 

Saat itu, saya baru pertama kali masuk kerja paruh waktu di izakaya yang jam kerjanya dimulai pada malam hari. Saat saya baru sampai, saya mengumpulkan keberanian untuk menyapa mereka, 「こんばんは」konbanwa, yang artinya selamat malam. 

Namun, saya terkejut saat teman-temanku justru menyapaku dengan ohayou gozaimasu. Awalnya saya bingung dengan hal ini, ternyata saat melihat arloji, saya baru sadar kalau saya datang lebih awal dari waktu shift.

Baca juga: Tokutei Gino: Industri Pembersihan Gedung

Berdasarkan pengalaman saya itu, sekarang saya jadi tahu bagaimana menyapa teman dan menggunakan sapaan Ohayo gozaimasu tak hanya di pagi hari. 

Bagaimana bisa begitu? Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

Arti Ohayo Gozaimasu 

「おはようございます」dibaca Ohayo gozaimasu adalah kata yang sering jadi pelajaran dasar ketika belajar bahasa Jepang. Kamu mungkin sering melihat di film atau membaca di anime yang menggunakan kata sapaan ini untuk mengucapkan selamat pagi.

Di Jepang, Ohayo gozaimasu dikenal sebagai sapaan dalam bentuk yang sopan. Kamu juga bisa mengucapkan bentuk yang lebih santai yakni,「おはよう」Ohayo atau 「おっ

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Kartiko Pambudi

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.