Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengenal Junishi, 12 Jenis Zodiak di Jepang (Bagian 1)

Kompas.com - 17/Mar/2023, 20:05 WIB
Ilustrasi sistem zodiak Jepang
Lihat Foto
Ilustrasi sistem zodiak Jepang

OhayoJepang - Tak kalah dari China, Jepang juga memiliki 12 jenis sistem zodiak.

Namun, berbeda dengan zodiak pada umumnya yang sesuai dengan konstelasi bintang, Zodiak Jepang memiliki 12 hewan berdasarkan astrologi Tiongkok.

Zodiak Jepang juga ditentukan berdasarkan tahun kelahiran, bukan hari kelahiran. Di bawah sistem ini, setiap hewan memiliki waktu setahun, yang disebut Junishi - 12 cabang.

Seperti halnya horoskop, setiap hewan memiliki ciri-ciri tertentu. Katanya, ciri-ciri ini diwarisi oleh orang-orang yang lahir pada tahun yang sesuai.

Baca juga: Tips Table Manner yang Benar saat Makan di Restoran Jepang

Sebenarnya, Junishi ini berasal dari Tiongkok. Tujuannya selain mengidentifikasi tahun, juga menyatakan waktu secara analog dengan sistem 12 jam sesuai arah mata angin.

Di Jepang, Junishi yang dikenal sebagai kalender lunar, tetap menjadi standar penghitungan tahun hingga 1872, loh. Setelah itu, pergantian tahun di Jepang dihitung berdasarkan kalender Gregorian, sebagai upaya modernisasi.

Mengenal Junishi menjadi salah satu cara belajar budaya Jepang yang menyenangkan. Bahkan, kamu bisa saja menemukan sesuatu yang baru tentang dirimu.

Berdasarkan zodiak Jepang, tahun 2023 merupakan tahun kelinci. Seperti apa rupa kelinci dalam zodiak Jepang, dan bagaimana dengan zodiak lainnya? Cek artikel ini ya...

Baca juga: Catat Tips dan Tempat Membeli Produk Halal di Jepang

1. Tikus

Berdasarkan mitos Tiongkok dan Jepang, tikus dianggap sebagai zodiak paling beruntung di antara semuanya. Tikus memiliki sifat yang subur, sehingga orang yang lahir di tahun ini dikaitkan dengan kesuburan dan kemakmuran.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Dinia Adrianjara

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.