Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mau Melamar Kerja ke Jepang? Ini Panduan Membuat Resume

Kompas.com - 9/Nov/2019, 21:35 WIB
Resume di Jepang.
Resume di Jepang.

OhayoJepang - Jika kamu sedang mencari pekerjaan, adalah sebuah tantangan untuk membuat resume yang menarik. Bergantung pada apa yang ditulis di resume, kamu mungkin akan dipanggil atau tidak dipanggil untuk wawancara awal.

Di sebagian besar negara, format resume bisa menjadi gila. Untungnya, di Jepang sendiri format resume sudah dalam bentuk formulir sehingga hanya perlu mengisi bagian yang kosong.

Kamu bisa mendapatkan formulir ini dengan mudah. Jika akan mengirimkan resumenya melalui email, kamu bisa mendapatkan format yang dapat diunduh dari internet. Selain itu, jika diharuskan mengirimkannya, kamu dapat membeli dari toko alat tulis, toko serba ada, atau dari Daiso.

Format yang paling umum disebut format JIS (singkatan dari Japanese Industrial Standards yang merupakan standar nasional untuk produk industri yang dibuat di Jepang). Meskipun prosedurnya sesederhana mengisi formulir, sebaiknya kamu mengetahui beberapa aturan dasar untuk mengirimkan resume yang sempurna.

Saat ini, lebih umum untuk mengirimkan resume yang diketik, baik untuk mengirimkannya melalui surat atau email.

Baca juga: Daftar Pertanyaan Lengkap untuk Berburu Apartemen di Jepang

Tetapi untuk orang asing yang diminta mengirimkan resume melalui surat, disarankan untuk melakukan cara kuno dengan tulisan tangan. Dengan cara ini, atasan dapat mengukur kemampuan menulis bahasa Jepang kamu.

Pastikan menggunakan pena tinta hitam dan ingatlah untuk menulis dengan rapi. Jika melakukan kesalahan, kamu harus menggunakan formulir baru dan mulai lagi dari awal. Periksa juga apakah kamu belum salah mengeja apa pun.

Contoh kertas resume di Jepang.
Contoh kertas resume di Jepang.

 Berikut adalah contoh resume Jepang dasar.

 Tanggal Aplikasi

Penulisan tanggal pada formulir tergantung pada kapan kamu akan memberikannya kepada perusahaan. Jika akan membawanya pada saat wawancara, isi tanggal wawancara. Jika mengirimkan resumenya, tanggal yang dicantumkan adalah tanggal ketika kamu mengirimnya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.