Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Sistem Perjalanan di Jepang yang Akurat untuk Akses Pergi Bekerja

Kompas.com - 8/Nov/2019, 20:51 WIB
ILUSTRASI - Pekerja di Jepang
ILUSTRASI - Pekerja di Jepang

OhayoJepang - Sebagai seseorang yang telah tinggal dan bekerja di Jepang selama 5 tahun, salah satu hal terbaik tentang pindah ke Jepang adalah perjalanan. Datang dari mimpi buruk saat pulang-pergi di negara asal, kini saya mengalami sistem transportasi luar biasa Jepang yang bisa dibilang terbaik di dunia.

Pergi bekerja di Jepang.
Pergi bekerja di Jepang.

Seperti apa situasi pagi di distrik bisnis di Jepang.

Seperti apa situasi pagi di distrik bisnis di Jepang.

Di negara saya (Filipina), saya harus bangun pukul 04.00 untuk bekerja pukul 09.00. Rutinitas yang harus dilakukan, yaitu bangun pukul 04.00, bersiap untuk bekerja, meninggalkan rumah pukul 05.00, dan berdoa semoga bisa berhasil masuk ke kursi di bus!

Begitu rintangan naik bus lewat pukul 06.00 atau 06.30, saya akan terjebak macet selama satu atau dua jam. Dan jika beruntung, saya mulai bekerja tepat waktu pada pukul 09.00.

Naik bus selama tiga jam untuk sampai ke kantor biasanya diterjemahkan sebagai perjalanan jarak jauh antara kantor dan rumah.

Baca juga: Mengubah Visa Pelajar menjadi Visa Bekerja di Jepang

Namun setelah menghitung jarak antara tempat kerja dan rumah, saya terkejut mengetahui bahwa jaraknya hanya 20 kilometer yang membutuhkan tiga jam penuh untuk bepergian! Itu berarti bahwa saya membuang 6 jam setiap hari hanya untuk pulang pergi.

Di Jepang, saya menjalani kehidupan berpergian terbaik saya. Tapi tentu saja, semuanya akan berjalan naik turun.

Di Jepang, saya menghabiskan satu setengah jam perjalanan jarak dua kali lipat dari perjalanan kembali ke rumah.

Saya bekerja di pusat kota Tokyo, tetapi tinggal di Prefektur Chiba. Jarak antara kantor dan rumah saya adalah dua kali lipat jarak dari rumah, yaitu 40 kilometer!

Halaman:
Editor : Silvita Agmasari

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.