Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cara Perpanjang Periode Visa Untuk Mencari Kerja Setelah Lulus di Jepang

Kompas.com - 20/Oct/2019, 19:02 WIB
Ilustrasi pelajar.
Ilustrasi pelajar.

OhayoJepang - Secara umum, ketika Anda mengubah jenis visa di Jepang, prosedur umum biasanya memakan waktu sebulan hingga 3 bulan. Sebagian besar formulir pendaftaran hanya tersedia dalam bahasa Jepang atau Inggris.

Mohon perhatikan bahwa undang-undang, peraturan, dan regulasi dapat berubah tanpa pemberitahuan sebelumnya dan artikel ini hanya berfungsi sebagai panduan umum.

Ketika visa pelajar hampir kedaluwarsa dan kamu memutuskan untuk mencari pekerjaan di Jepang, ada kemungkinan kamu tidak bisa mendapatkan pekerjaan sampai dengan masa visa kamu habis.

Dalam artikel ini, akan dibagikan beberapa opsi agar dapat melanjutkan untuk mencari pekerjaan saat masih di Jepang.

Terdapat jenis visa yang bernama Visa Kegiatan Khusus (Designated Activities Visa). Jenis visa ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai kegiatan yang mencakup magang, perawat dan pekerja perawatan bersertifikat (termasuk kandidat dan siswa) di bawah perjanjian bilateral antara Jepang dan negara asal mereka, serta mereka yang mencari pekerjaan atau shuushoku-katsudou.

Muncul banyak pertanyaan tentang cara melakukan prosedur imigrasi dari mengubah Visa Pelajar (Ryugakusei) menjadi Visa Kegiatan Khusus (Tokutei Katsudou) di Jepang.

Apa yang harus dilakukan terlebih dahulu?

Anda perlu mendapatkan surat rekomendasi (suisenjo) dari sekolah atau universitas.

Apa yang terjadi dengan visa Anda saat ini?

Orang dengan visa pelajar bisa tetap tinggal di Jepang sampai dengan masa berlaku visanya habis meskipun dia sudah lulus dari instansi pendidikan. Namun, biasanya orang dengan visa ini terikat oleh “Izin untuk Terlibat dalam Kegiatan Selain yang Diizinkan dalam Status Tinggal Sebelumnya”.

Halaman:
Editor : Wahyu adityo prodjo

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.