Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Bikin Bingung, “Bathtub” di Jepang Punya Banyak Tombol, Ini Panduannya...

Kompas.com - 25/Aug/2019, 23:21 WIB
ILUSTRASI - Mandi di bathtub
ILUSTRASI - Mandi di bathtub

OhayoJepang - Salah satu hal menakjubkan saat menetap di Jepang adalah serba berteknologi tinggi dan membuat hidup terasa lebih mudah. Mungkin kamu pernah masuk ke kamar mandi rumah di Jepang dan bingung dengan begitu banyaknya tombol di panel kamar mandi. Saking bingungnya, seseorang bisa mengisi bathtub dengan air yang terlalu panas atau bahkan terlalu dingin. 

Jika menetap di Jepang dan tidak memahami arti dari beberapa huruf kanji, hal ini akan menyulitkan kamu. Apalagi huruf kanji kerap muncul dalam kehidupan sehari-hari seperti mandi. Sebagian besar bathtub di Jepang memiliki beberapa panel dengan beragam fitur. Namun karena panel ini menggunakan tombol dengan keterangan huruf kanji, maka sulit bagi turis asing atau orang asing yang baru saja pindah ke negara ini untuk mengerti fitur tersebut. 

Kami akan memandu mulai dari makna setiap tombol serta cara pemakaiannya. Mohon diingat bahwa panel tombol bisa berbeda tergantung dari jenis bathtub-nya.

Pertama, panel bathtub biasanya terpasang di dua tempat di dalam rumah atau apartemen Jepang, yaitu di dinding dalam kamar mandi dan di dinding lorong dapur. Pada penggunaan panel pengaturan suhu air lebih dari dua seperti ini akan disediakan fungsi “Priority” yang menentukan pengaturan suhu di panel mana yang diprioritaskan. Jadi, bila kamu memencet tombol “Priority” yang ada di panel kamar mandi, suhu air yang keluar akan mengikuti pengaturan suhu kamar mandi. 

Pengaturan Bathtub di Panel Dapur

Bathtub di Panel Dapur
Bathtub di Panel Dapur

Berikut tombol dan fungsinya yang biasa ada di panel kamar mandi yang berlokasi di dapur: 

*Pada layar biasanya ada tanggal, suhu air, dan waktu

①On/Off (運転 入/切)
Ini untuk semua fungsi tombol bathtub. Jadi jika nyala, maka semua tombol berfungsi

②Automatic(自動) 
Pengaturan air panas secara otomatis sesuai dengan suhu yang tertera di layar. 

③Reheating (おいだき)
Memanaskan kembali air yang sudah ada di dalam bathtub sesuai suhu yang tertera di layar. 

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.