Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

7 Oleh-oleh dari Indonesia untuk Orang Jepang

Kompas.com - 20/Aug/2019, 21:00 WIB
ILUSTRASI - Kopi
ILUSTRASI - Kopi

OhayoJepang - Saat memulai bekerja di negara luar, ada kalanya kita ingin membawakan oleh-oleh khas dari negeri sendiri untuk diberikan kepada rekan atau atasan kita di negara tersebut. Kali ini, kami ingin membagikan informasi mengenai oleh-oleh khas Indonesia yang disukai oleh orang Jepang berdasarkan pengalaman pribadi salah satu tim OhayoJepang, yaitu seorang Indonesia yang sudah menetap di Jepang selama empat tahun. Berikut oleh-oleh yang ia sarankan:

1. Produk kacang-kacangan

Harga makanan ringan berupa kacang-kacangan di Jepang biasanya lebih mahal dari makanan ringan lainnya. Selain itu, makanan ringan berupa kacang di Jepang tidak tersedia dalam banyak pilihan rasa. Rasa yang tersedia paling hanya manis, asin, atau plain (polos tanpa rasa). 

Oleh karena itu, orang Jepang di kantor saya sangat senang saat saya membawakan kacang kulit dengan rasa bawang putih sebagai oleh-oleh. Rasanya baru bagi lidah mereka karena tidak ada varian rasa ini di Jepang.

Selain itu, orang Jepang menyukainya karena rasanya cocok dijadikan sebagai teman bir. Tidak hanya kacang kulit saja, saat membawa produk kacang-kacangan lainnya seperti kacang polong, kacang koro, kacang bogor, dan jenis kacang lainnya pun, mereka sangat gembira memakannya.

2. Kopi Indonesia 

Kopi juga menjadi salah satu oleh-oleh rekomendasi, karena orang Jepang suka minum kopi, terutama setelah makan siang di kantor. Jenis kopi yang saya rekomendasikan adalah kopi Toraja karena jenis kopi ini cukup terkenal di kalangan orang Jepang. 

Kopi lain yang saya sarankan adalah kopi Luwak. Kopi ini dikenal sebagai kopi mahal, karena harga secangkirnya kopi ini bisa mencapai 8.000 yen di Jepang. Di Indonesia pun kopi luwak asli pun lumayan mahal, sehingga biasanya saya memberikan ini untuk atasan atau orang terdekat saja. 

Orang yang saya berikan jenis kopi ini sangat senang, karena menurut mereka rasanya kopinya lembut dan ada sensasi manis berbeda dari kopi yang biasa mereka minum. 

3. Mi Goreng Instan

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.