Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berminat Kerja di Jepang? Berikut Perbandingan Gaji dan Biaya Hidup Setiap Daerah di Jepang

Kompas.com - 14/Aug/2019, 14:52 WIB
Kota di Jepang
Kota di Jepang

OhayoJepang - Belakangan semakin banyak anak muda yang ingin bekerja ke luar negeri. Bila Anda adalah orang yang tertarik untuk mencoba bekerja di Jepang, berikut beberapa informasi umum mengenai upah, harga sewa rumah, biaya kebutuhan hidup sehari-hari dan biaya transportasi yang mungkin bisa menjadi referensi Anda.

Kawasan pedesaan di Jepang
Kawasan pedesaan di Jepang

Rata-rata Jumlah Upah Minimum per Jam

Jumlah upah minimum di ibukota dari sebagian besar negara di dunia, biasanya selalu merupakan angka terbesar. Begitu pula ibu kota Jepang, Tokyo. Jumlah upah minimum per jam paling tinggi di Jepang ada di kota ini. Alasan terbesarnya karena biaya hidup sehari-hari di Tokyo memang mahal.

Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.
Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Jepang.

Bila melihat upah minimum per jam pada tabel di atas kita dapat melihat, daerah dengan jumlah upah minimum tertinggi ada di daerah perkotaan seperti Tokyo (985 yen), Kanagawa (983 yen), dan Osaka 936 yen). Sedangkan jumlah upah minimum terendah dipegang oleh daerah pedesaan seperti Kagoshima (761 yen), Nagasaki (762 yen) dan Akita (762 yen). 

Rata-rata Harga Sewa Apartemen per Bulan

Sama seperti gaji, biaya sewa apartemen termahal juga dipegang oleh Tokyo dengan rata-rata harga sewa 77.174 yen per bulan. Peringkat kedua dipegang oleh prefektur Kanagawa dengan rata-rata harga sewa 67.907 yen, disusul oleh daerah Saitama di peringkat ketiga dengan rata-rata 58.675 yen. Kedua prefektur tersebut terletak di daerah sekitar Tokyo.

Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementrian Hukum Jepang
Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementrian Hukum Jepang

Sedangkan peringkat rata-rata biaya sewa termurah dipegang oleh prefektur Aomori dengan harga 36.529 per bulannya, prefektur Iwate dengan harga 36.679 yen dan prefektur Akita dengan harga 37.158 yen. Silahkan lihat diagram di bawah ini untuk melihat perbandingan harga sewa apartemen tersebut.

Rata-rata Pengeluaran Kebutuhan Rumah Tangga

Seperti yang telah disampaikan di atas, biaya hidup termahal dipegang oleh kota Tokyo, dengan jumlah biaya hidup rata-rata sebanyak 113.557 yen per keluarga per bulan. Biaya ini dihitung dengan memasukan juga biaya listrik, air, gas, biaya makan, dan lain sebagainya.

Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementrian Hukum Jepang.
Tabel di atas dibuat berdasarkan data dari Kementrian Hukum Jepang.

Bila melihat diagram di bawah, kita akan mendapati perbedaan rata-rata biaya hidup yang cukup besar antara Tokyo yang menduduki peringkat tertinggi dan daerah Yamaguchi yang menduduki peringkat terakhir, yaitu 37.172 yen. Patut diingat biaya yang tertera di diagram adalah biaya yang dihabiskan per keluarga. Bila hidup sendiri, biaya ini bisa saja lebih murah. 

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.