Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mengapa Orang Jepang Doyan Makan Belut Saat Musim Panas?

Kompas.com - 10/Aug/2019, 10:09 WIB
Zeppin Unagi Shabu-Shabu
Zeppin Unagi Shabu-Shabu

OhayoJepang - Ada sebuah kebiasaan di Jepang yang disebut natsu bate. Artinya kira-kira lesu dan kurang motivasi selama musim panas, saat panas dan kelembaban membuat energi badan jadi hilang. 

Doyo no Ushi no Hi (27 Juli 2019) merupakan tradisi Jepang yang unik yaitu kebiasaan memakan belut atau unagi yang dipercaya sangat bergizi dan mengandung vitamin A dan B yang mampu menyembuhkan tubuh dari kelelahan dan membangkitkan selera makan seseorang. Jadi bisa dibilang, unagi merupakan "obat" untuk natsu bate. 

Zeppin Unagi Shabu-Shabu
Zeppin Unagi Shabu-Shabu

Unagi biasanya diasosiasikan sebagai hidangan bakar. Namun sebenarnya ada banyak cara memakan unagi. Jaringan restoran terkenal Umaimono Ippai Irohanihoheto menawarkan Zeppin Unagi Shabu-Shabu (Absolute Eel Shabu-shabu) untuk hidangan model prasmanan (enkai) pada musim panas ini. 

Zeppin Unagi Shabu-Shabu
Zeppin Unagi Shabu-Shabu

Zeppin Unagi Shabu-Shabu
Zeppin Unagi Shabu-Shabu

Pada menu enkai ini, hidangan andalannya adalah Zeppin Unagi Shabu-Shabu, yaitu belut bakar dengan jumlah lemak sedang dan lembut menjadikan teksturnya seperti souffle. Kamu bisa menikmati belut sambil dipadukan dengan sup kelp yang memilki cita rasa yang ringan. Hidangan yang membuat nyaman penikmatnya ini mampu membantu menghilangkan rasa panas dari musim panas. 

Zeppin Unagi Shabu-Shabu
Zeppin Unagi Shabu-Shabu

Hidangan lainnya yang bisa kamu nikmati adalah Satsuma-age no Sakura-Iro Tempura, terbuat dari baso ikan dan acar jahe merah, serta salad Tokibi Green Salad, yang terbuat dari potongan besar jagung manis tokibi dan sereal jagung. Warna hijau dan kuning dari salad ini memiliki beragam tekstur yang kontras. 

Satsuma-age no Sakura-Iro Tempura
Satsuma-age no Sakura-Iro Tempura

Pada akhir jamuan, kamu bisa menikmati sup kaldu unagi yang dituangkan ke nasi Unagi Meshi (nasi belut). Nasi panas "berenang" di rasa umami yang lezat dari unagi. Sebuah shime (hidangan penutup) yang sempurna. 

Tokibi Green Salad
Tokibi Green Salad

Seluruh menu enkai terdiri dari 8 hidangan dan harganya 4.500 yen per orang, serta merupakan prasmanan makan sepuasnya. Bawa keluarga dan teman kamu untuk menikmati menu terbatas ini karena hanya tersedia sampai 2 September 2019.

Umaimono Ippai Irohanihoheto saat ini memiliki 4 cabang di Tokyo, 2 cabang di Prefektur Saitama, dan 6 cabang di Prefektur Kanagawa, dan 1 cabang di Prefektur Shizuoka. Untuk informasi lebih detail, cek website mereka di (hanya tersedia dalam Bahasa Jepang): http://www.umai-iroha.jp/.

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.