Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Belanja di Jepang, Ini Berbagai Metode Pembayaran yang Berlaku

Kompas.com - 31/Jul/2019, 18:51 WIB
ILUSTRASI
Lihat Foto
ILUSTRASI

OhayoJepang - Sama halnya seperti di negara-negara lain, ada beberapa metode pembayaran yang bisa dilakukan di Jepang. Walau setiap metode pembayaran dibuat sederhana, tetapi sulit untuk memilih mana metode pembayaran terbaik, karena hal ini tergantung dengan situasinya. 

Tunai 

Jepang identik dengan masyarakatnya yang begitu modern dan terbiasa dengan teknologi mutakhir, sistem transportasi yang canggih, serta rumah bagi Gundam. Tak heran banyak orang berpikir bahwa uang tunai sudah tidak dipakai orang Jepang.  

Kenyataannya, banyak toko-toko di Jepang, terutama di daerah pedesaan dan toko-toko kecil hanya menerima pembayaran secara tunai, sehingga Jepang bisa dibilang belum menjadi masyarakat non-tunai (cashless society). Meskipun salah satu kelemahan dari uang tunai adalah resiko uang dicuri, hal ini tidak perlu ditakutkan di Jepang, karena tingkat keamanan negara ini begitu tinggi.

Kartu Kredit/Kartu Debit

Pembayaran dengan kartu menjadi pilihan metode pembayaran yang semakin populer pada beberapa tahun belakangan. Hanya saja, metode pembayaran dengan kartu belum diterima secara luas di Jepang. Seperti disebutkan sebelumnya, Jepang masih merupakan masyarakat dengan sistem pembayaran tunai. 

Berdasarkan sebuah penelitian terhadap penggunaan kartu kredit, seperti dikutip dari news.cardmics.com, jumlah restoran di Jepang yang menerima pembayaran dengan kartu kredit adalah 20,7 persen pada tahun 2015. Angka ini menurun menjadi 21 persen pada tahun 2017. Persentase tersebut makin rendah jika menjauh dari kota-kota besar. 

Walau begitu jangan khawatir, karena sebagian besar toserba dan supermarket, jaringan restoran, dan minimarket, menerima pembayaran dengan kartu kredit. Saat membeli tiket untuk kereta, tiket reguler hanya tersedia melalui pembayaran secara tunai. Namun ada beberapa tempat seperti kereta JR yang menerima pembayaran kartu kredit dan menyediakan mesin tiket yang menerima kartu kredit. 

Pembayaran tagihan tertentu (telepon, listrik, gas, dan lainnya) juga bisa dilakukan melalui kartu kredit. 

Kartu kredit merupakan cara nyaman untuk bertransaksi selama di Jepang. Walau metode pembayaran ini tidak seluas seperti uang tunai, tetapi cara ini tergolong aman untuk bertransaksi di tempat-tempat yang menerima pembayaran secara kartu kredit. Kamu cukup mengecek simbol yang menunjukkan bahwa toko tersebut menerima pembayaran dengan kartu kredit.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.