Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Temukan Lambang Halal Ini Saat Mencari Restoran di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 17:00 WIB
ILUSTRASI - Produk dengan logo Halal
ILUSTRASI - Produk dengan logo Halal

OhayoJepang - Akhir-akhir ini, di Jepang mulai banyak bermunculan restoran yang ramah bagi Muslim. Hal ini tidak hanya dikarenakan bertambahnya wisatawan Muslim ke Jepang, tetapi juga pertambahan orang Muslim yang menetap di Jepang. 

Restoran-restoran ini tentunya memiliki sertifikat halal yang telah dikeluarkan oleh organisasi, asosiasi, atau bahkan perusahaan yang bergerak di bidang sertifikasi halal tersebut.

Berikut ulasan mengenai beberapa badan yang mengeluarkan sertifikat halal beserta dengan lambangnya yang bisa kamu temukan.

1. Japan Islamic Trust

Lambang Halal dari Japan Islamic Trust
Lambang Halal dari Japan Islamic Trust

Japan Islamic Trust (JIT) adalah suatu organisasi non-profit (NPO) yang dibangun pada 17 Februari 1994. Organisasi ini terdaftar sebagai sebuah cabang perusahaan berbasis agama dari “Japan Islamic Cultural Center Tokyo” sejak 1997. Saat ini, organisasi ini juga terdaftar sebagai Badan Urusan Kebudayaan.

Organisasi ini mengeluarkan sertifikat halal dari 1997 dan melakukan sertifikasi ke berbagai produk seperti produk kimia (termasuk bahan aditif makanan), daging, dan  produk olahan. Organisasi ini diawasi oleh United Arab Emirates Halal Certification sejak 2008, juga oleh Qatar Halal Certification dan Badan Sertifikasi Halal Thailand.   

Informasi lebih lanjut:
Situs resmi: http://www.islam.or.jp/a3-3971-5631bout/ (bahasa Jepang)
Telepon: 03-3971-5631

2. Japan Halal Standard dari Malaysia Halal Corporation

Ⓡ Japan Halal Standard Halal Mark
Ⓡ Japan Halal Standard Halal Mark

Malaysia Halal Corporation (MHC Co., Ltd.) adalah perusahaan yang berdiri pada 2010. Perusahaan ini menyebarkan sertifikat halal yang disebut Local Halal untuk restoran-restoran di Jepang. Sertifikasi Local Halal diberikan dengan mengecek bahan mentah yang digunakan (produk halal yang telah diakui oleh MHC), proses produksi, dan peralatan yang digunakan serta manajemen halal itu sendiri.

Pada 2013, pendiri perusahaan ini pun mendirikan Muslim Professional Japan Association (MPJA) berupa sumber informasi halal terkini di Jepang. MPJA juga menyediakan sertifikasi halal untuk barang-barang yang diekspor dari Jepang.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.