Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Saatnya Belajar Bahasa Jepang, Penting untuk Melamar Kerja di Jepang

Kompas.com - 31/Jul/2019, 12:04 WIB

OhayoJepang - Bahasa Jepang terkenal unik karena menggunakan empat jenis huruf di dalam kehidupan sehari-harinya. Huruf tersebut adalah hiragana, katakana, kanji, dan romaji (sebutan huruf alfabet dalam Bahasa Jepang). Biasanya orang asing yang belajar Bahasa Jepang akan mempelajari huruf mulai dari hiragana dan katakana. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari huruf kanji. Dengan mempelajari huruf-huruf ini tinggal di Jepang akan menjadi lebih mudah dan menyenangkan.

Hiragana dan Katakana

Uraian kata dalam bahasa Jepang bukanlah satuan huruf vokal dan huruf konsonan, melainkan satuan fonem dan suku kata. Terdapat 46 suara pada masing-masing huruf Hiragana dan Katakana. Meskipun memiliki bunyi dan silabel yang sama, tampilan kedua huruf ini berbeda. Huruf Hiragana bentuknya lebih halus dengan bentuk lengkung, sedangkan huruf Katakana memiliki banyak sudut dengan garis lurus. Berikut contoh kedua huruf tersebut:

Hiragana dan Katakana
Hiragana dan Katakana

Kanji 

Huruf Kanji merupakan huruf yang berasal dari aksara Tiongkok yang diadaptasi ke dalam Bahasa Jepang. Jumlah garis pada huruf ini bervariasi, Kanji paling sederhana hanya terdiri dari satu garis dan Kanji yang sulit bisa mencapai dua puluh sembilan garis. 

Selain itu, bentuk setiap Kanji memiliki makna sendiri dan huruf ini biasanya memiliki dua buah cara baca yang dibagi berdasarkan penggunaannya. Pelajaran Bahasa Jepang biasanya dimulai dari huruf Kanji dasar dengan jumlah garis sedikit. Berikut beberapa contoh Kanji:

(Baca: Cara Belajar Bahasa Jepang)

contoh Kanji
contoh Kanji

Tes Kemampuan Bahasa Jepang 

Bila tertarik untuk menguji kemampuan bahasa Jepang kamu, ada banyak tes bahasa Jepang yang bisa kamu ikuti. Salah satunya Nihongo Nouryoku Shiken atau Japanese Language Proficiency Test (JLPT). Sertifikat kemampuan bahasa ini bisa menjadi nilai tambah saat kamu mencari kerja atau mendapatkan visa untuk bekerja di Jepang.

(Baca: Tes Kemampuan Bahasa Jepang)

(Baca: Jenis Visa di Jepang) 

Provided by Karaksa Media Partner (5 Juli 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.