Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Berkenalan dengan Kota Yokote di Jepang, Kota yang Jadi Tuan Rumah Atlet Indonesia Saat Olimpiade Tokyo

Kompas.com - 5/Jul/2019, 10:20 WIB
Kota Yokote, Prefektur Akita
Kota Yokote, Prefektur Akita

OhayoJepang - Pada Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade, kota Yokote di Prefektur Akita, merupakan salah satu dari kota tuan rumah  yang tergabung dalam inisiatif program Host Town.

(BACA: Keren, Orang Jepang Bakal Ikut Bersorak Semangati Atlet Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020)

Dari banyaknya kisah di balik layar dari ajang olahraga internasional Olimpiade Tokyo 2020 dan Paralimpiade, program Host Town salah satu yang menarik karena bertujuan untuk menghubungkan penduduk lokal Jepang suatu kota dengan negara luar Jepang yang berpartisipasi pada Olimpiade Tokyo.  

(BACA JUGA: Berkenalan dengan Kota Kesennuma, Salah Satu Kota Tuan Rumah untuk Indonesia Saat Olimpiade 2020)

Kali ini kami akan menjelajahi potensi wisata kota Yokote di Prefektur Akita. Kota ini terkenal dengan festival musim dingin dengan kamakura (rumah salju seperti iglo) sebagai simbolnya. 

Kota Yokote, Prefektur Akita
Kota Yokote, Prefektur Akita

Lokasi

Lokasi Prefektur Akita
Lokasi Prefektur Akita

Yokote berada di selatan dari Prefektur Akita. Lokasinya berdekatan dengan Prefektur Iwate dan dikelilingi pegunungan di sisi timurnya. Yokote masuk dalam wilayah Tohoku. 

Untuk mencapai kota ini, diperlukan waktu selama 2,5 jam dengan pesawat dari Bandara Haneda lalu disambung dengan naik Bus Airport Liner. Cara lain bisa dengan naik bus malam cepat “Lake & Port” dari Stasiun Tokyo, total perjalanan memerlukan waktu 7,5 jam. 

Kota Yokote telah melakukan pertukaran budaya dengan Indonesia, mempromosikan kamakura.

Dalam bidang olahraga, seorang pelatih Indonesia memimpin tim badminton dari Hokuto Bank. Ia juga berperan besar dalam mengundang tim Indonesia yang akan masuk dalam pusat pelatihan pra-pertandingan Olimpiade di Yokote. 

Pada tahun tahun 2017, pemerinta kota Yokote membuat perjanjian dengan Asosiasi Bulu Tangkis Indonesia yaitu berupa pengiriman atlet junior dari Yokote untuk mendapatkan pelatihan di Indonesia sebagai bentuk pertukaran olahraga. Rencananya, atlet junior dari Indonesia juga akan diundang ke Yokote. 

Panorama yang belum banyak diketahui

Festival Salju Yokote
Festival Salju Yokote

Festival Salju Yokote berlangsung pada pertengahan Februari setiap tahunnya. Festival ini menampilkan panorama indah dengan suasana seperti negeri dongeng musim dingin. Ada ratusan kamakura besar yang bisa kamu masuki serta kamakura kecil yang diberi lampu. 

Kuliner lokal nan lezat

Yakisoba
Yakisoba

Yokote memiliki hidangan unik berupa mi goreng khas Yokote yang disebut dengan Yokote Yakisoba. Hidangan ini berbeda dengan yakisoba lainnya karena menggunakan bahan khas seperti mi rebus (tidak dikukus) yang tebal dan lurus, saus Worcester yang manis, potongan daging babi, dan telur mata sapi. Jika biasanya hidangan ini diberi asinan jahe warna merah, Yokote Yakisoba menggunakan Fukujinzuke, irisan sayur yang diasinkan dengan rendaman kecap asin khas Jepang.

Nah, jika berencana jalan-jalan di area Tohoku saat liburan ke Jepang, bagaiman kalau kamu memasukkan kota Yokote dan Kesennuma dalam itinerary.

Provided by Karaksa Media Partner (1 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR