Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Unik, Kuil di Tokyo Ini Terkenal untuk Tempat Berdoa Minta Jodoh

Kompas.com - 25/Jun/2019, 21:18 WIB
Tokyo Daijingu
Tokyo Daijingu

OhayoJepang - Kebanyakan orang Jepang mengunjungi kuil hanya pada saat tahun baru. Tradisi ini lebih dikenal sebagai Hatsumode, kunjungan kuil awal tahun untuk mendoakan kesehatan dan harapan di tahun baru tersebut. Selain awal tahun, ada juga beberapa kuil yang dikunjungi oleh orang Jepang pada waktu yang tidak ditentukan.

Biasanya kuil-kuil ini memiliki “khasiat” masing-masing, seperti kuil khusus untuk mendoakan supaya bisnis sukses hingga kuil khusus untuk mendoakan keselamatan bayi yang akan dilahirkan. Ada pula kuil khusus untuk mendoakan lulus tes masuk sekolah, bahkan kuil khusus untuk membangun hubungan baik.

Sehubungan dengan kuil untuk membangun hubungan baik ini, banyak orang Jepang yang datang untuk berdoa agar mendapatkan jodoh. Namun sebenarnya tidak terbatas pada hal jodoh saja. Hubungan baik di sini bisa merujuk kepada hubungan pertemanan, keluarga, dan hubungan dengan orang lainnya.

Kali ini, Ohayo Jepang mengunjungi salah satu kuil khusus untuk hubungan baik yaitu Tokyo Daijingu. Ada banyak perempuan muda Jepang yang berkunjung ke sini meskipun pada hari kerja. Tidak hanya itu, beberapa di antara pengunjung pun kami menemukan pasangan.     

 

Tokyo Daijingu
Tokyo Daijingu

Tidak hanya berdoa, kebanyakan pengunjung juga membeli jimat untuk hubungan baik yang dijual di kuil ini. Selain jimat, ada juga papan kayu untuk menuliskan keinginan yang disebut “Ema”. Terdapat juga tempat khusus untuk menggantungkan Ema tersebut di pelataran kuil.   

Jimat En-musubi untuk menyambungkan hubungan baik
Jimat En-musubi untuk menyambungkan hubungan baik

Papan kayu untuk menuliskan keinginan, Ema
Papan kayu untuk menuliskan keinginan, Ema

Kuil ini juga mengadakan acara Candle Night pada tanggal 17 setiap bulannya, karena pada tanggal tersebut merupakan tanggal yang penting untuk kuil. Pemandangan lampu berbentuk lilin di pelataran kuil ini sangat romantis untuk dinikmati pada malam hari. Bila hujan, acara ini akan dibatalkan dan dilakukan pada bulan berikutnya.

Acara Candle Night yang diadakan pada tanggal 17 setiap bulannya
Acara Candle Night yang diadakan pada tanggal 17 setiap bulannya

Informasi Tempat
Kuil Tokyo Daijingu
Alamat: Tokyo, Chiyoda-ku, Fujimi 2-4-1
Jam buka: 06:00-21:00, tempat penjualan jimat 08:00-19:00
Akses: Jalan kaki sekitar lima menit dari stasiun Iidabashi semua jalur

Provided by Karaksa Media Partner (17 Juni 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.