Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cari Jodoh ala Orang Jepang, Tradisi Kencan Buta “Gokon” untuk Para Jomblo

Kompas.com - 25/Jun/2019, 14:12 WIB
Tradisi Kencan Buta “Gokon”
Tradisi Kencan Buta “Gokon”

OhayoJepang - Kata “gokon” (dibaca: gokong) mungkin familiar bagi kamu yang menonton drama Jepang. Kata ini sering keluar di berbagai anime ataupun drama Jepang. Gokon mengacu pada kencan buta yang dilakukan oleh orang Jepang untuk menemukan pasangan.

Kata gokon sendiri merupakan gabungan kata dalam Bahasa Jepang, dari kata godo yang berarti bersama-sama dan kata compa yang berarti kegiatan minum-minum yang diadakan oleh perempuan dan laki-laki muda untuk lebih mengenal lebih jauh.

Artikel ini akan mengupas lebih jelas budaya gokon, berikut liputannya.

Bagaimana Awal Pembuatan Rencananya?

Biasanya gokon diadakan oleh seorang laki-laki dan perempuan yang berteman. Keduanya mengundang teman atau kenalannya masing-masing untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Kedua orang ini pulalah yang akan menentukan jumlah orang yang akan ikut serta. Restoran tempat diadakan kegiatan ini biasanya dipilih oleh grup laki-laki yang berpartisipasi karena merekalah yang nantinya paling banyak membayar makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Tanggal, waktu, dan tempat biasanya ditentukan terlebih dahulu. Setelah itu barulah hal-hal terperinci lainnya ditentukan.

Beberapa orang Jepang menyebutkan bahwa jumlah ideal untuk gokon adalah enam orang, tiga orang perempuan dan tiga orang laki-laki. Dengan jumlah ini, setiap orang bisa memilih tipe yang disuka karena jumlahnya dianggap pas serta waktunya pun cukup banyak untuk mengobrol dan mengenal satu sama lain.   

Apa Saja yang Dilakukan?

Perempuan Jepang lah yang biasanya melakukan persiapan lebih banyak, terutama persiapan dalam hal pemilihan busana. Pada kegiatan ini tentu mereka berusaha untuk menampilkan kesan terbaik. Mereka akan sangat peduli dengan keseimbangan busana agar tidak terlalu mencolok, tidak terlalu biasa, dan tidak terlalu lucu.

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.