Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, “Itinerary” Satu Hari di Area Selatan Kyoto dengan Kansai Thru Pass

Kompas.com - 30/Apr/2019, 09:17 WIB
Fushimi Inari Taisha
Fushimi Inari Taisha

OhayoJepang - Kyoto jaraknya sangat dekat dari Osaka apalagi bila menggunakan Kansai Thru Pass. Kansai Thru Pass merupakan tiket transportasi umum ekonomis yang dapat digunakan untuk mengelilingi area Kansai.

(BACA JUGA: Liburan Hemat di Daerah Kansai Menggunakan Kansai Thru Pass)

Temukan nuansa tradisional Jepang melalui bangunan bersejarah yang bisa ditemukan di kota ini. Nikmati Kyoto dari sisi yang berbeda dengan mengunjungi bagian selatan kota ini. Di sini kita bisa menemukan kuil-kuil dan hidangan berbahan matcha.  

Pukul 9.00: Berangkat dari Osaka

Naik kereta jalur Midosuji dari Namba ke stasiun Yodobashi. Lalu ganti kereta ke jalur Keihan Main Line menuju stasiun Uji di Kyoto. Ganti kereta lagi di Nakasho-jima dan naik kereta ke arah Uji. Perjalanan sekitar 75 menit.

Pukul 10.30: Kuil Byodoin
Akses dari stasiun Uji

Byodoin, aula Phoenix
Byodoin, aula Phoenix

Kuil Byodoin adalah salah satu “Monumen Bersejarah dari Kyoto Kuno” yang diajukan sebagai situs warisan dunia UNESCO. Kuil ini dibangun pada 1052 oleh Fujiwara no Yorimichi, bangsawan kelas atas yang pernah menjadi bupati pada masa Heian (794-1185). 

Anda bisa menemukan artefak budaya di sini. Koleksi-koleksi tersebut diwariskan dari masa Heian, seperti Lukisan Descent of Mitabha dalam gaya Yamato-e (gaya lukisan Jepang yang berkembang pada masa Heian), lonceng kuil, dan sepasang patung phoenix.

Aula Phoenix merupakan gedung yang paling merepresentasikan kuil Byodoin. Inilah bangunan yang bisa Anda temukan di koin 10 yen. Selain aula Phoenix, Anda bisa ke Hosho-kan (Byodoin Museum).

Kuil Byodoin
Jam buka:
- Taman 8:30-17:30 (jam masuk terakhir 17:15),
- Museum Kuil Byodoin9:00-17:00 (jam masuk terakhir 16:45)
Hari libur: buka setiap hari
Tiket masuk:  600 yen (dewasa), 400 yen (pelajar menengah pertama dan menengah atas), 300 yen (murid sekolah dasar)

Pukul 11.30: Makan siang di Uji
Shopping street (jalan yang setiap sisinya dipenuhi toko) dekat gerbang Byodoin.

Shopping street dekat gerbang Kuil Byodoin
Shopping street dekat gerbang Kuil Byodoin

Karena Uji terkenal sebagai kawasan yang memproduksi matcha di Jepang, Anda akan menemukan pusat perbelanjaan di dekat Kuil Byodoin. Di sini terdapat banyak restoran yang menyediakan hidangan berbahan dasar matcha.

Temukan beragam makanan yang menggunakan matcha seperti ramen matcha, mi soba matcha, takoyaki matcha, pangsit matcha, bir matcha, dan masih banyak lainnya. Cicipi makanan dengan matcha asli yang Anda inginkan. Jangan lupa menikmati es krim matcha (jenis softserve).

Pukul 13.00: Pergi ke Stasiun Fushimi-inari
Stasiun Fushimi-inari melalui jalur Keihan 

Mengunjungi Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha
Fushimi Inari Taisha

Fushimi Inari Taisha terkenal dengan gerbang Senbon Torii warna merah. Ambil foto di bawah gerbang yang tak berujung ini, lalu terus berjalan di jalan tersebut dan naik ke puncak Inariyama, gunung yang berlokasi di belakang kuil.  

Sebelum kembali ke stasiun, habiskan waktu dengan berbelanja di pusat perbelanjaan yang dilewati saat menuju stasiun. Temukan suvenir dan jajanan kaki lima di kawasan tersebut.

Pukul 16.00: Area Gion dan Kawaramachi
Stasiun Gion-shijo melalui jalur Keihan

 

Jalan Hanami-koji di area Gion
Jalan Hanami-koji di area Gion

Tutup hari Anda di area Gion. Berjalan-jalan di jalan Hanami-koji untuk memotret keindahan bangunan tradisional Jepang. Nikmati panorama malam hari Gion di tepi sungai Kamo. Lalu Anda bisa berbelanja di Kawaramachi atau makan malam di kawasan restoran Pontocho.

Tepian Sungai Kamo dekat area Gion
Tepian Sungai Kamo dekat area Gion

Provided by Karaksa Media Partner (21 Februari 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR