Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Memetik Stroberi di Penghasil Stroberi Terkenal di Jepang, Mau Coba?

Kompas.com - 17/Apr/2019, 19:00 WIB
Yoshimura Strawberry Park
Yoshimura Strawberry Park

OhayoJepang - Berkunjung ke Jepang di musim dingin ataupun musim semi? Cobalah kegiatan memetik stroberi di prefektur Tochigi yang terkenal sebagai daerah penghasil stroberi di Jepang. Kali ini penulis mencoba kegiatan ini di Yoshimura Strawberry Park yang terletak di kota Mashiko, Tochigi.

Yoshimura Strawberry Park
Yoshimura Strawberry Park

Di kebun ini pengunjung bisa menikmati dan membandingkan berbagai jenis stroberi yang berasal dari berbagai daerah di Jepang. Mereka menyediakan delapan jenis stroberi dari berbagai prefektur, seperti stroberi jenis tochiotome dan skyberry yang merupakan produk terkenal dari prefektur Tochigi, beni-hoppe dan akihime dari Shizuoka, oi-c berry dari Nagasaki, koi-minori dari Nagasaki dan Kumamoto, kaorino dari Mie dan mo-ikko dari Miyazaki.   

Kelebihan lainnya dari taman ini, kita bisa memilih stroberi terbaik dengan santai tanpa peduli waktu. Hal itu bisa dilakukan karena taman ini tidak memberikan batas waktu untuk pengunjung seperti kebanyakan kebun stroberi lainnya di Jepang. Jika mau, pengunjung bisa saja menikmati stroberi seharian di sini.

Setiap stroberi memiliki rasa dan tekstur yang berbeda. Tochiotome yang merupakan brand stroberi terkenal dari prefektur Tochigi memiliki keseimbangan rasa manis, tekstur, dan aroma yang pas. Sedangkan, skyberry berukuran besar dengan rasa yang segar dan juicy. Stroberi ini dikenal sebagai brand stroberi mewah dari Prefektur Tochigi.

Stroberi akihime memiliki tekstur yang meleleh di dalam mulut dengan rasa sedikit asam yang diikuti dengan rasa manis setelahnya. Stroberi beni-hoppe memiliki tekstur juicy dengan rasa manis dan asam yang bercampur. Oi-c berry yang mengandung banyak vitamin C.

Koi-minori adalah jenis baru yang ditawarkan, stroberi ini memiliki tekstur pulen yang akan membuat Anda “koishii” (berarti: kangen). Menurut penjaga kebun, kalau kita menyebutkan nama orang yang kita sukai sebelum makan stroberi ini, maka cinta kita akan berbunga. Secara harfiah, arti dari koi-minori adalah cinta yang berbuah atau cinta yang berbunga.  

Stroberi kaorino memiliki aroma yang kuat dan enak sama seperti dengan namanya kaori (berarti: aroma). Terakhir, stroberi mo-ikko memiliki kesimbangan rasa asam dan manis yang pas.

Yoshimura Strawberry Park
Yoshimura Strawberry Park

Suhu di dalam rumah stroberi sangat panas, sehingga sebaiknya gunakan kursi yang disediakan oleh perkebunan ini. Ambil stroberi di dalam rumah plastik, cuci stroberi tersebut dengan air keran, lalu nikmati stroberi tersebut sambil duduk santai di kursi yang tersedia. Tidak usah terburu-buru karena Anda bisa makan stroberi sepuasnya tanpa batas waktu.

Sebagai catatan, meskipun pengunjung dapat makan sepuasnya, tidak diperbolehkan untuk membawa pulang stroberi. Bila Anda ingin membawa stroberi sebagai bingkisan, perkebunan ini menyediakan toko yang menjual stroberi dari perkebunan. Tentunya harga stroberi di sini akan lebih murah dibandingkan stroberi yang dijual di supermarket Jepang.

Yoshimura Strawberry Park
Yoshimura Strawberry Park

Taman ini bisa diakses sekitar dua jam dari stasiun Tokyo. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel rencana perjalanan Mashiko. Pengunjung bisa datang langsung tanpa melakukan reservasi sebelumnya.

Nikmati Jepang lebih dalam dengan melakukan kegiatan musiman seperti kegiatan memetik buah ini yang akan memberikan pengalaman Jepang yang berbeda.

Informasi Tempat
Yoshimura Strawberry Park
Alamat: 520 Hanawa, Mashiko-machi, Tochigi
Akses: Jalan kaki lima menit dari stasiun Kitayama, Moka Railway Line
Jam buka: 9.00 sampai 16.00 dari hari Selasa sampai hari Minggu
Buka setiap hari dari tanggal 1 Maret sampai 6 Mei
Biaya: December 1.600, Januari-Februari 1.400 yen, Maret-9 April 1.300 yen,
10 April-May 1.000 yen. Gratis untuk anak-anak usia 5 tahun ke bawah.
*Tidak ada batas waktu. Pembayaran hanya bisa menggunakan uang tunai.
Situs resmi: https://strawberrypicking.jp/

Provided by Karaksa Media Partner (25 March 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR