Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Mau Ketemu Geisha di Kyoto, Yuk Ikuti Petunjuk Berikut!

Kompas.com - 2/Apr/2019, 16:02 WIB
Geiko
Geiko

OhayoJepang - Geisha adalah salah satu tradisi Jepang yang menarik dan masih tertinggal di kehidupan modern. Banyak orang yang mengetahui tentang Geisha dari film hollywood and media sejenisnya. Kita bisa melihat pakaian dan make-up tradisional, pertunjukkan tarian tradisional, bahkan keramahan khas Jepang yang dilakukan oleh seorang Geisha.

Di antara semua kota di Jepang, Kyoto merupakan tempat paling tepat untuk bertemu dengan Geisha. Namun hati-hati, di Kyoto mereka tidak menyebutnya Geisha melainkan Geiko. Di hiruk-pikuknya kota Kyoto, Anda mungkin bisa mendapatkan kesempatan untuk melihat Geiko dengan mata sendiri.

Jalan Hanamikoji di Distrik Higashiyama

Jalan Hanamikoji
Jalan Hanamikoji

Jalan Hanamikoji merupakan jalan yang terletak di bagian selatan jalan Shijo-dori, kota Kyoto. Di jalan ini kita dapat menemukan banyak restoran tradisional Jepang dan bangunan tradisional lainnya. Dalam suasana kota yang tradisional ini, Anda mungkin bisa mendapat kesempatan untuk melihat langsung Geiko.

Geiko
Geiko

Kami berhasil bertemu langsung dengan Geiko saat mengunjungi tempat ini (seperti foto di atas). Kami berhasil mengambil foto yang bagaikan keajaiban sebagai kenang-kenangan momen ini.

Kami sarankan Anda untuk berkunjung ke tempat ini pada sore hari, karena kebanyakan restoran Jepang yang menyediakan paket Geiko buka hanya dari makan malam. Sehingga, di jam-jam tersebutlah kemungkinan untuk bertemu Geiko lebih besar di area ini. Coba keberuntungan Anda di sini, karena pengalaman ini pun jarang dirasakan bahkan oleh orang Jepang.    

Sebagai catatan, kita tidak bisa berfoto bersama dengan Geisha dan tidak boleh menyentuh atau menepuk pundaknya.

Paket Tur Geiko

Bila Anda tidak begitu beruntung dan tidak berhasil bertemu dengan Geiko, kami sarankan untuk berkunjung ke restoran yang menyediakan paket tur Geiko. Bila mencoba ini Anda harus melakukan reservasi sebelumnya karena di restoran seperti ini biasanya diberlakukan sistem “Ichigen-san Okotowari” berupa sistem yang hanya menerima tamu yang dikenalkan oleh tamu yang telah menjadi langganan.

Tanpa adanya undangan dari tamu langganan ini, kita tidak bisa memesan paket Geisha. Sistem ini juga merupakan salah satu alasan bertemu dengan Geisha sungguhan adalah suatu hal yang spesial bahkan bagi orang Jepang sekalipun.

Untungnya agen wisata besar sekarang telah menjual banyak paket tur Geiko. Namun, harga tur ini tidak begitu murah dan diperlukan reservasi sebelumnya. Namun, bila Anda ingin menghemat pengeluaran, berikut cara lain yang lebih murah.

Yasaka Hall Gion Corner di Distrik Higashiyama

Pertunjukkan tarian Kyo-mai
Pertunjukkan tarian Kyo-mai

Yasaka Hall Gion Corner adalah tempat Anda bisa menikmati tujuh jenis pertunjukkan seni tradisional Jepang, seperti pertunjukkan tarian Kyo-mai yang dilakukan oleh penari maiko (seniman muda yang masih dalam masa pelatihan sebagai Geiko), pertunjukkan boneka Bunraku, dan pertunjukkan ikebana (seni merangkai bunga) di satu panggung.

Selain itu, ada juga pertunjukkan upacara minum teh Jepang, koto (alat musik tradisional Jepang), musik Gagaku Court, dan teater Kyogen.

Pertunjukkan Upacara Minum Teh
Pertunjukkan Upacara Minum Teh

Teater Kyogen
Teater Kyogen

Pertunjukkan ini dilakukan setiap hari, dan dibagi ke dalam dua jadwal, yaitu yang mulai pada pukul 18:00 dan 19:00. Dari Desember sampai dengan Maret minggu kedua, pertunjukkan ini hanya akan diadakan pada hari Jumat, Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional. Satu kali pertunjukkan akan memakan waktu 50 menit.

Biaya masuknya 3.150 yen untuk dewasa, 2.200 yen untuk pelajar (usia 16-22 tahun), 1.900 yen untuk anak-anak (usia 7-15 tahun), dan gratis untuk balita (usia 0-6 tahun).

Provided by Karaksa Media Partner (13 Februari 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR