Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Liburan Tak Biasa di Ibaraki, Menikmati Keindahan Danau Terbesar Kedua di Jepang

Kompas.com - 31/Mar/2019, 08:45 WIB
Kasumigaura
Kasumigaura

OhayoJepang - Tokyo dan Osaka biasanya masuk dalam daftar kota yang wajib dikunjungi saat berlibur ke Jepang. Namun, bagi pelancong penyuka petualangan tahu kedua kota itu hanyalah sedikit sisi dari semua tempat yang bisa ditawarkan Jepang.

Seperti di Prefektur Ibaraki, Anda tidak akan kehabisan ide aktivitas wisata yang bisa dilakukan. Mulai dari rute berkendara dari kota Tsukuba ke kota Namegata, Anda bisa berkunjung ke dua fasilitas penjelajahan angkasa yang begitu menarik.

Dalam rute tersebut juga, Anda bisa melihat Kasumigaura, danau dengan ukuran seluas laut. Tak terlupa berendam di pemandian air panas dan makan di restoran ramen yang elit. Penasaran dengan pesona Ibaraki? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui lebih lanjut tempat wisata di Ibaraki.   

Kigenmon

Kigenmon adalah salah satu restoran terkenal dan mapan di antara industri ramen Ibaraki. Restoran ini terkenal dengan hidangannya yang berkembang seiring zaman. Hidangan ini melibatkan kuah sup yang kental dengan shinku-soba (sejenis mi yang digunakan di ramen) dan kaldu yang terbuat dari daging dan seafood.

Selain itu, restoran ini memberikan pilihan cara memasak potongan tipis daging babi, apakah dengan dipanggang, dibakar, dibakar dengan arang, atau dimasak dalam suhu rendah.

Mi di Ago Dashijiru dimasak secara perlahan dengan mengatur waktu perebusan.
Mi di Ago Dashijiru dimasak secara perlahan dengan mengatur waktu perebusan.

Ago Dashijiru (kaldu ikan terbang khas Jepang) seharga 800 yen, terbuat dari ayam cochin Nagoya, anchovy (ikan teri asin), ikan round herring, dan saus kental yang terbuat ikan terbang Jepang yang dibakar. Aneka bahan ini bercampur dengan sempurna untuk menghasilkan rasa yang begitu mendalam dan penuh aroma.

Ramen Udang Asin memiliki rasa minyak udang yang kuat
Ramen Udang Asin memiliki rasa minyak udang yang kuat

Ramen Udang Asin seharga 740 yen memiliki sup kental yang cocok dengan mi beraroma gandum yang kuat. Di sisi lain, udang Sakura yang dipilih dengan penuh ketelitian merupakan bahan utama minyak udang. Minyak udang ini pun membuat aroma hidangan begitu kuat.

Kigenmon berlokasi di Gedung 6-6 D12. 101, Kenkyu-gakuen, Kota Tsukuba, Prefektur Ibaraki. Buka pada pukul 11.00 sampai 14.00 dan 17.00 sampai 21.00.

Tsukuba Expo Center

Tsukuba Expo Center
Tsukuba Expo Center

Tsukuba Expo Center merupakan museum sains tempat Anda dapat melihat beragam jenis peralatan sains dan belajar mengenai cara kerja teknologi dari suatu benda. Selain itu, Anda juga dapat menemukan salah satu planetarium terbesar di dunia, juga pameran menarik lainnya di tempat ini.

Tsukuba Expo Center berlokasi di 2-9, Azuma, Kota Tsukuba. Tempat ini buka dari 9.50 17.00 (jam berkunjung terakhir 16.30). Tiket masuk harganya 410 yen untuk orang dewasa dan 820 yen sudah termasuk akses ke planetarium

JAXA Tsukuba Space Center

JAXA Tsukuba Space Center
JAXA Tsukuba Space Center

Area tur JAXA Tsukuba Space Center akan mengajak Anda berkenalan dengan sejarah Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA). Tempat ini juga mempunyai pameran KIBO, Stasiun Luar Angkasa Internasional, dengan ukuran sesuai aslinya.

JAXA Tsukuba Space Center berlokasi di 2-1-1 Sengen, Kota Tsukuba. Space Dome (pameran normal) buka pada pukul 9.30 sampai 17.00. Sementara itu Planet Cube (pameran khusus dan toko museum) buka pada 10.00 sampai 17.00.

Raon

Koki di Raon tadinya adalah seorang supir truk yang mendalami jenis ramen berbeda-beda yang tersebar di seluruh Jepang. Saat ini ia terkenal sebagai sosok yang membuat salah satu hidangan ramen terbaik di Prefektur Ibaraki.

Kunci dari rasa kuah sup Raon terletak dari penggunaan ekstrak daging babi dan kaldu ayam saat memasak ramen. Mi lurus ataupun mi keriting buatan sendiri, ditambahkan tergantung dengan jenis ramen yang dibuat.

Soba Raon
Soba Raon

Hidangan paling populer di menu restoran adalah Soba Raon seharga 750 yen. Sup kuahnya terbuat dari ikan makarel asap serta kaldu dari daging babi dan ayam. Selain itu, kecap asin Jepang dengan rasa yang mendalam, ditambahkan dalam ramen.

Mi Wonton
Mi Wonton

Mi Wonton seharga 900 yen merupakan hidangan restoran ini yang dimasak tanpa penguat rasa buatan. Hidangan ini menggunakan wonton buatan sendiri. Supnya menyebar dengan lembut di seluruh mulut saat diseruput.

Raon berlokasi di 3-5, Wakamatsu, Kota Tsuchiura, Prefektur Ibaraki. Buka pada pukul 11.00 sampai 14.30 dan 17.30 sampai 21.00, kecuali hari Rabu.

Pemandian Air Panas Kaho

Buat tubuh Anda rileks di di Pemandian Air Panas Kaho setelah berkendara panjang
Buat tubuh Anda rileks di di Pemandian Air Panas Kaho setelah berkendara panjang

Pemandian Air Panas Kaho menawarkan panorama Kasumigaura dari jendela kamar mandinya. Anda bisa menghilangkan kelelahan akibat perjalanan dengan berendam di pemandian air panas buatan di tempat ini serta beristirahat di area istirahat tatami.

Pemandian Air Panas Kaho berlokasi di 255 Oiwata, Kota Tsuchiura. Buka pada pukul 14.00 sampai 20.00 setiap hari kecuali Senin. Jika hari Senin jatuh pada hari libur nasional, maka hari berikutnya adalah hari libur.

Kasumigaura

Fasilitas untuk turis dapat ditemukan di dekat area Kasumigaura
Fasilitas untuk turis dapat ditemukan di dekat area Kasumigaura

Kasumigaura lebih terkenal sebagai danau terbesar kedua di Jepang. Di sekelilingnya, Anda bisa melihat lokasi pemandangan yang beragam. Dari lokasi-lokasi ini, Anda bisa melihat kemegahan danau luas tersebut. Pada musim panas, danau ini terkenal dengan tur dengan perahu layar.

Kotetsu

Kotetsu terkenal sebagai satu-satunya kedai ramen yang menyediakan sup yang masih mempertahankan rasa asli bahannya. Salah satu hidangannya, Soba Kotetsu adalah yang paling populer. Hidangan ini menggunakan kaldu dari dua jenis ayam lokal untuk sup chintan dan daging babi panggang yang dimasak di tungku perapian.

Kotetsu Soba
Kotetsu Soba

Soba Kotetsu (seharga 780 yen) mengandung ayam Cochin Nagoya, kaldu ayam lokal, dan mi lurus buatan sendiri di dalam supnya. Anda bisa menggantinya dengan mi keriting. Rasanya yang mendalam dan teksturnya yang kental berasal dari saus seafood yang ditambahkan dalam hidangan.

Hidangan yang patut dicoba adalah Soba Anchovy Kering (seharga 780 yen) yang menggunakan sup terbuat dari ikan sarden kering, ikan wagtail, dan ikan gulamah perak. Inilah ramen dengan aroma seafood yang kuat.

Dried Anchovy Soba
Dried Anchovy Soba

Kotetsu berlokasi di 661-6, Tamatsukurikou, Kota Namegata City, Prefektur Ibaraki. Buka dari pukul 11.00 sampai 14.30 dan 17.30 sampai 21.00, setiap hari kecuali hari Senin. Jika hari Senin jatuh pada hari libur nasional, maka toko libur pada  hari berikutnya.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (26 Januari 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR