Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Catat, Tempat Terbaik untuk Melihat Sakura di Jepang Ada di Sekitar Tokyo

Kompas.com - 27/Mar/2019, 20:09 WIB
Danau Okutama
Danau Okutama

 

OhayoJepang - Tokyo memiliki banyak taman yang indah untuk tempat melihat keindahan pohon sakura saat musim semi. Namun jika Anda menjelajahi lebih jauh dari kota Tokyo, Anda akan menemukan tempat-tempat lain yang lebih indah saat musim semi.

Anda bisa temukan lapangan terbuka bahkan gunung yang cantik dihiasi aneka jenis pohon sakura yang tengah bermekaran. Berikut beberapa tempat di antaranya:

Taman Showa Kinen

Taman Showa Kinen
Taman Showa Kinen

Taman ini memiliki luas 39 kali lebih besar daripada Tokyo Dome. Bunga-bunga musim semi seperti sakura, rapeseed, dan tulip bermekaran secara bergantian mulai dari akhir Maret sampai akhir bulan Mei.

Jika Anda mengincar bunga sakura, pastikan Anda datang pada akhir Maret hingga pertengahan April ketika bunga tengah mekar dengan sempurna. Datangi Taman Sakura yang berlokasi di sisi utara dari area Minna-no-harappa. Sakura di area Sakuragi-en juga sangat indah.

Pada masa sakura mekar, biasanya berlangsung beberapa acara menarik, seperti pameran foto sakura yang difoto dari berbagai tempat terkenal untuk melihat sakura di Tokyo. Ada pula workshop yang menggunakan sakura serta acara lainnya.

Anda juga bisa melihat acara iluminasi yaitu sakura dihiasi lampu warna warni bernama Yozakura sanpo selama empat hari pada periode sakura mekar sempurna yaitu pada 27 Maret sampai 7 April.

 

Anda bisa melihat bunga dengan jelas di Fureai Bashi.
Anda bisa melihat bunga dengan jelas di Fureai Bashi.

Tips: Fureai Bashi adalah tempat indah untuk mengambil foto. Anda bisa melihat sakura Yoshino dalam warna merah muda yang terang, sakura Taiwan dengan warna merah muda yang lebih tua, sertai bunga forsythia dengan warna kuning.

Taman Showa Kinen berlokasi di 3173, Midori-cho, Kota Tachikawa, Tokyo dan buka pada pukul 9:30 sampai 17.00. Jam buka dapat berubah tergantung musim. Saat periode iluminasi, taman buka hingga pukul 20.00. Taman Showa Kinen hanya berjarak lima menit dari stasiun Nishi-tachikawa; tiket masuk harganya 450 yen untuk orang dewasa.

Taman Inokashira Onshi 

Taman Inokashira Onshi
Taman Inokashira Onshi

Ada sekitar 500 pohon sakura di sekitar kolam Inokashira. Di sini kita bisa menikmati pemandangan menakjubkan seperti sakura yang seolah tumbuh dari kolam dan mekar sempurna serta pemandangan kelopak sakura yang berjatuhan ke permukaan kolam.

Spot rekomendasi di sini adalah menikmati pemandangan sakura dari atas jembatan Nanai yang dibangun di tengah kolam. Pemandangan sakura pada malam hari pun indah.    

Berlokasi dekat Stasiun Inokashira Koen dan Stasiun Kichijoji, taman ini mudah untuk diakses. Bila Anda datang ke sini, pastikan berkunjung juga ke Nishi-en (taman barat) yang terpisah dari taman utama dan mendapatkan nama sendiri, tetapi masih terhubung.

Tips: Nikmati sakura dari pemandangan yang berbeda. Caranya dengan naik perahu (tiap perahu bisa memuat tiga orang) yang beroperasi pada jam 10.00 sampai 17.50. Tarifnya 700 yen dan Anda bisa menikmati naik perahu selama satu jam. Kami sarankan juga untuk menikmati sakura pada malam hari.

Taman Inokashira Onshi berlokasi di 1-18-31, Gotenyama, Kota Musashino, Tokyo. Buka 365 hari dalam setahun, taman juga mengadakan acara iluminasi mulai saat matahari terbenam hingga jam 22.00 saat musim sakura. Tiket masuk gratis.

Taman Takiyama

Taman Takiyama
Taman Takiyama

Taman Takiyama berada di ketinggian 160 meter. Ini merupakan taman alami yang ditemukan di antara reruntuhan benteng Takiyama, sebuah monumen nasional bersejarah.  

Pada musim semi, terdapat 3.000 pohon sakura termasuk pohon Yoshino, Prunus jamasakura, dan sakura Oshima, yang bermekaran di sisi bukit. Pada 6 April berlangsung sebuah acara yaitu Festival Sakura Reruntuhan Istana Takiyama.

Tips: Ada jalan setapak di area taman, jadi kami sarankan untuk melakukan hiking hanami. Pohon sakura yang berlokasi di sekitar Naka-no-maru, area dalam istana, memiliki pemandangan yang lebih indah.

Istana Takiyama berlokasi di Takatsuki-machi dan Tangi-machi, kota Hachioji, Tokyo. Buka sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.

Taman Koganei

Taman Koganei
Taman Koganei

Taman Koganei adalah taman yang besar dengan luas mencapai 80 hektar. Pada musim semi, sekitar 1.700 pohon sakura dari 50 jenis varietas bermekaran di taman ini. Saat periode puncak mekarnya sakura, biasanya diselenggarakan acara Festival Sakura Koganei.  

Tips: Sakura-no-en merupakan area dengan beragam varietas sakura yang bisa Anda nikmati dalam waktu lama.

Taman Koganei berlokasi di 1-13-1, Sekino-cho, Kota Koganei, Tokyo. Buka 365 hari sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.

Sungai Kotta

Sungai Kotta
Sungai Kotta

Sekitar 500 pohon sakura bermekaran di sepanjang kedua sisi Sungai Kotta. Mulai dari akhir Maret sampai awal April, hiasan berupa lentera kertas digantungkan di sekitar dua sisi tepi sungai. Anda juga bisa mengikuti Festival Sakura yang biasanya dijadwalkan mulai 31 Maret sampai 7 April.  

Tips: Jalan di sepanjang tepi sungai untuk melihat sakura lebih dekat.

Sakura di tepian Sungai Kotta lokasinya memanjang dari Tsurumaki 1 sampai Hiiri-gaoka 1, Kota Tama, Tokyo.  

Kuburan Tama

Kuburan Tama
Kuburan Tama

Taman kuburan pertama Jepang ini memiliki 1.200 pohon sakura, termasuk jenis sakura Yoshino, Prunus jamasakura, dan sakura jenis weeping. Pastikan Anda datang saat siang hari karena tidak ada acara iluminasi pada malam hari.  

Tips: Anda bisa melihat pohon sakura yang berjejer di sepanjang Bus Street.

Kuburan Tama berlokasi di 4-628, Tama-cho, kota Fuchu, Tokyo. Buka 365 hari sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.  

Danau Okutama

Danau Okutama
Danau Okutama

Pada musim semi, pemandangan sekitar danau dihiasi sakura Yoshino dan Prunus jamasakura. Pohon sakura yang tumbuh di pegunungan juga mekar pada musim semi.  

Tips: Dapatkan panorama sakura terbaik dari Mugiyama no Ukihashi, sebuah jembatan yang melintasi danau.

Danau Okutama berlokasi di Hara, Okutama-cho, distrik Nishitama, Tokyo. Buka selama 365 hari sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.

Fussa Sakura Namiki

Fussa Sakura Namiki
Fussa Sakura Namiki

Sekitar 500 pohon sakura berjajar sepanjang 2,5 kilometer di sepanjang Sungai Tama. Itulah mengapa Fussa Sakura Namiki merupakan tempat terbaik untuk melihat sakura di kota Fussa. Jika Anda berkunjung ke area ini, pastikan untuk mengikuti Festival Sakura Fussa pada 30 Maret sampai 7 April. 

Tips: Selama Festival Sakura Fussa ada stan yang menjual makanan dan juga festival musik. Sakura tampak makin indah pada malam hari dengan tata cahaya.

Fussa Sakura Namiki berlokasi di 1-12-1, Minami-denen, kota Fussa, Tokyo. Acara iluminasi berlangsung mulai saat matahari terbenam sampai 21.00, pada 30 Maret sampai 7 April. Buka 365 hari sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.

University Street dan Sakura Street

University Street dan Sakura Street
University Street dan Sakura Street

Jalan Universitas (University Street) merupakan jalan mulai dari Stasiun Kunitachi ke arah selatan. Sementara itu, Jalan Sakura (Sakura Street) berada dari timur ke barat dari titik selatan Jalan Universitas. Di antara kedua jalan ini, ada begitu banyak sakura untuk dipandang.  

Kunjungi Festival Sakura Kunitachi di Taman Yaho No. 3 pada 6-7 April dan acara iluminasi sepanjang Jalan Universitas pada pukul 18.00 sampai 21.00 pada 24 Maret sampai 7 April.

Tips: Anda bisa mengambil foto dari kaki jembatan yang melewati Jalan Universitas.

Jalan Universitas dan Jalan Sakura berlokasi di 2-34, Fujimidai, kota Kunitachi, Tokyo. Buka 365 hari sepanjang tahun dan tiket masuknya gratis.

Provided by Japan Walker™, Tokyo Walker™ (1 March 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR