Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Prediksi Sakura Mekar di Jepang 2019, Sakura Mekar Lebih Lambat Dibanding Tahun Lalu

Kompas.com - 20/Feb/2019, 21:12 WIB
Sakura
Sakura

OhayoJepang - Jelang musim bunga sakura, Weather News Inc. telah mengumumkan “Prediksi Mekarnya Bunga Sakura edisi Pertama”, pada Rabu (16/1/2019) lalu saat cuaca dingin masih berlanjut. Menurut berita tersebut, prakiraan mekar bunga sakura di wilayah Jepang bagian barat dan timur sama seperti tahun-tahun sebelumnya (rata-rata selama 5 tahun terakhir) atau sedikit lebih awal.

Sementara itu, wilayah Jepang bagian utara diprediksi juga sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Jika dibandingkan dengan waktu mekar di seluruh Jepang pada tahun 2018 yang tergolong cepat, tahun ini bunga sakura diprediksikan mekar sedikit lebih lambat.

Prediksi sakura mekar di lokasi sakura yang terkenal di Jepang (prediksi diumumkan pada tanggal 16 Januari 2019 oleh Weather News).
Prediksi sakura mekar di lokasi sakura yang terkenal di Jepang (prediksi diumumkan pada tanggal 16 Januari 2019 oleh Weather News).

Siklus “Pemutusan Dormansi” yang Mempengaruhi Waktu Mekar Sakura di Wilayah Jepang Bagian Barat dan Timur, Keterlambatan Karena Musim Dingin yang Hangat?

Kredit foto yang berkaitan dengan mekarnya bunga sakura dan suhu udara
Kredit foto yang berkaitan dengan mekarnya bunga sakura dan suhu udara

Siklus “Pemutusan Dormansi” merupakan masa ketika kuncup bunga yang dorman mulai tumbuh kembali. Siklus ini memiliki pengaruh besar terhadap masa mekarnya bunga sakura. Pohon sakura mulai memproduksi kuncup bunga pada musim panas yang bersuhu udara tinggi hingga musim gugur, kemudian beristirahat sejenak saat musim dingin tiba. Pada masa tertentu di pertengahan musim dingin dengan suhu yang sangat dingin, kuncup bunga sakura terbangun dari masa dorman dan bersiap untuk mekar.

Meskipun suhu udara di seluruh wilayah Jepang pada bulan Desember 2018 rata-rata sama seperti tahun-tahun sebelumnya, cuaca di wilayah bagian barat dan timur Jepang suhu udara kadang-kadang menjadi hangat di luar musimnya. Hal ini dapat menyebabkan terlambatnya siklus “Pemutusan Dormansi”. Namun gelombang dingin yang datang pada akhir tahun, dan cuaca di Tokyo pada Sabtu, 12 Januari 2019 yang sangat dingin seperti cuaca saat turun salju, diprediksikan bahwa siklus pemutusan dorman akan terus berlangsung dipicu oleh udara dingin yang mengalir secara berkelanjutan.

Meskipun Prediksi Mekarnya Bunga Sakura di Seluruh Wilayah Jepang Sama Seperti Tahun-Tahun Sebelumnya, Bila Dibandingkan Tahun Lalu Waktu Mekar Bunga Sakura Sedikit Lebih Lambat

Prediksi sakura mekar di seluruh wilayah di Jepang (Prediksi diumumkan pada tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di seluruh wilayah di Jepang (Prediksi diumumkan pada tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Pada tahun 2018, sakura mulai mekar lebih cepat satu minggu daripada tahun 2017. Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya pun, sakura di seluruh wilayah Jepang cenderung mekar lebih cepat. Akan tetapi, tahun ini tampaknya sakura di banyak tempat di Jepang mekar sedikit lebih lambat jika dibandingkan dengan tahun 2018.

Di wilayah Jepang bagian barat dan timur, meskipun diperkirakan akan ada hari-hari bersuhu udara rendah secara temporer, suhu udara pada bulan Februari dan Maret jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sedikit lebih tinggi, sehingga kuncup bunga sakura bisa tumbuh dengan baik. Mulai pertengahan bulan Maret, hari-hari bersuhu hangat akan semakin bertambah sehingga diperkirakan sakura akan mulai mekar bersamaan di berbagai tempat. Waktu mekarnya akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya atau sedikit lebih cepat di berbagai tempat.

Jepang bagian utara sering kali dipengaruhi tekanan udara rendah dan cuaca dingin sehingga suhu udara pada bulan Februari dan Maret sama seperti tahun-tahun sebelumnya atau sedikit lebih rendah yang dapat menyebabkan pertumbuhan kuncup bunga terhenti. Namun setelah masuk bulan April, suhu udara akan naik, sehingga sakura mulai mekar dan periode mekarnya diperkirakan sama seperti tahun-tahun sebelumnya.

Arae Hokkaido: Sakura Mulai Mekar pada 27 April di Area Donan (bagian Barat Laut Hokkaido)

Prediksi sakura mekar di area Hokkaido (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di area Hokkaido (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di banyak tempat di Hokkaido, bunga sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pada tanggal 27 April, sakura diperkirakan mulai mekar dari Semenanjung Oshima, dan kita akan bisa menikmati pemandangan sakura yang mekar sempurna di Taman Goryokaku (Kota Hakodate) pada awal liburan Golden Week. Di kota Sapporo diperkirakan sakura akan mulai mekar pada akhir bulan April, dan mulai mekar sempurna pada akhir liburan Golden Week. Setelah itu, diperkirakan dari pertengahan bulan Mei, mekarnya sakura akan meluas ke area dohoku (Hokkaido bagian utara) dan area doto (Hokkaido bagian timur).  

Area Tohoku: Sakura Mulai Mekar pada Awal Bulan April di Bagian Selatan, dan Sakura Mulai mekar sempurna pada Akhir Bulan April di Bagian Utara

Prediksi sakura mekar di area Tohoku (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di area Tohoku (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di Tohoku, bunga sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Namun jika dibandingkan dengan tahun lalu yang periode mekarnya cepat, tahun ini sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau lebih lambat. Pada awal bulan April, sakura diperkirakan mulai mekar di Prefektur Miyagi bagian selatan, juga daerah Hamadori dan Nakadori di Prefektur Fukushima.

Di Tohoku bagian selatan diperkirakan paling cepat sakura mulai mekar sempurna sekitar tanggal 10 April, sedangkan di Tohoku bagian utara diperkirakan akan ada banyak tempat untuk menikmati hanami (melihat bunga sakura) pada akhir bulan April. Di taman Hirosaki Koen yang terletak di Prefektur Aomori, diperkirakan sakura akan mulai mekar pada tanggal 20 April, dan mekar sempurna tepat sebelum liburan Golden Week.

Area Kanto: Di Kota Tokyo, Sakura Mulai Mekar Paling Awal! Kegiatan Hanami di Bagian Selatan dapat Dinikmati dari Akhir Bulan Maret

Prediksi sakura mekar di area Kanto (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di area Kanto (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di wilayah Kanto, bunga sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun-tahun sebelumnya atau sedikit lebih cepat. Akan tetapi jika dibandingkan dengan tahun lalu yang periode mulai mekarnya cepat, tahun ini sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau sedikit lebih lambat. Di Kanto diperkirakan paling cepat sakura akan mulai mekar di kuil Yasukuni yang ada wilayah Kota Tokyo pada 18 Maret. Kemudian disusul tempat lain yang ada di area Tokyo secara berturut-turut pada akhir bulan Maret.

Sakura akan mulai mekar dari wilayah Kanto bagian selatan hingga Kanto bagian utara sampai dengan akhir Maret. Diperkirakan akan ada banyak tempat dengan pemandangan bunga sakura yang mekar sempurna pada akhir bulan Maret di bagian selatan dan pada awal bulan April di bagian utara.

Area Chubu: Kegiatan Hanami di Tokai dapat Dinikmati Mulai Akhir Bulan Maret. Di Area Hokuriku Sakura Juga mekar sempurna pada Akhir Bulan Maret

Prediksi sakura mekar di area Chubu (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di area Chubu (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di wilayah Chubu seperti Tokai yang terletak di sebelah Samudra Pasifik, bunga sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun-tahun sebelumnya atau sedikit lebih cepat. Di wilayah Hokuriku juga diperkirakan bunga sakura mulai mekar dari akhir Maret, sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Di wilayah Tokai maupun Hokuriku, jika dibandingkan dengan tahun lalu, tahun ini pun sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau sedikit lebih  lambat.

Diperkirakan sakura akan mulai mekar di Kota Kofu dan Kota Gifu pada tanggal 21 Maret, kemudian disusul daerah dataran tinggi seperti wilayah sebelah Samudra Pasifik hingga Laut Jepang sampai dengan awal bulan April. Kita bisa menikmati pemandangan bunga sakura yang mekar sempurna di area Tokai dari akhir bulan Maret. Di bagian barat Hokuriku, diperkirakan akan ada juga beberapa tempat sakura yang mulai mekar sempurna bertepatan pada saat upacara penerimaan murid baru dan upacara pembukaan tahun ajaran baru di sekolah, yaitu pada awal April.

Area Kinki: Sakura Mulai Mekar dari Prefektur Osaka! Sakura Juga akan mekar sempurna pada Awal Bulan April di kota Kyoto

Prediksi sakura mekar di area Kinki (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News)
Prediksi sakura mekar di area Kinki (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News)

Di area Kinki, sakura mulai mekar sama seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu  akhir bulan Maret. Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang periode mulai mekarnya cepat, tahun ini sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau sedikit lebih lambat.

Diperkirakan sakura akan mulai mekar di taman Benteng Osaka (Prefektur Osaka) pada tanggal 23 Maret, kemudian mulai mekar sempurna di banyak tempat seperti di kota Kyoto pada awal bulan April. Karena pada bulan April semakin banyak hari yang cerah, kita bisa menikmati keindahan sakura yang mekar sempurna berpadu dengan langit biru di banyak tempat.

Area Chugoku dan Shikoku: Sakura Mulai Mekar dari Prefektur Kochi! Kita Bisa Menikmati Hanami Mulai Akhir Bulan Maret

Prediksi sakura mekar di wilayah area Chugoku dan Shikoku (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di wilayah area Chugoku dan Shikoku (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di area Chugoku dan Shikoku sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sakura mulai mekar pada akhir Maret. Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang periode mulai mekarnya cepat, tahun ini sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau lebih lambat.

Diperkirakan sakura akan mulai mekar di taman Kochi (Prefektur Kochi) pada tanggal 19 Maret, dan memasuki bulan April periode mekarnya sakura pun menyebar hingga dataran tinggi di Pegunungan Chugoku. Di area Shikoku sakura mekar sempurna di banyak tempat dari akhir Maret, sedangkan di area Chugoku dari awal April.

Sakura Mulai Mekar Satu per Satu dari Wilayah Kyushu Bagian Utara. Kegiatan Hanami bisa Dilakukan dari Akhir Bulan Maret.

Prediksi sakura mekar di area Kyushu (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).
Prediksi sakura mekar di area Kyushu (Prediksi diumumkan tanggal 16 Januari 2019/ Weather News).

Di Kyushu sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sakura mulai mekar pada akhir bulan Maret. Jika dibandingkan dengan tahun lalu yang periode mulai mekarnyai sangat cepat, tahun ini sakura diperkirakan mulai mekar sama seperti tahun lalu atau sangat lambat. Diperkirakan sakura akan mulai mekar di Taman Maizuru (Prefektur Fukuoka) pada tanggal 20 Maret, kemudian berlanjut ke wilayah Kyushu bagian utara seperti Prefektur Saga, Prefektur Kumamoto dan sebagainya. Pada akhir bulan Maret di masing-masing wilayah nampaknya akan ada banyak tempat dengan pemandangan bunga sakura yang mekar sempurna.

Prediksi kali ini sebatas perkiraan berdasarkan kondisi saat ini. Weather News juga akan mengumumkan informasi terbaru apabila ada perubahan. Oleh karena itu, jangan lupa selalu cek informasi cuaca terbaru! Saksikan keindahan sakura pada musim semi yang hanya datang setahun sekali!

Provided by Japan Walker™, Walkerplus™, Tokyo Walker™ (31 Januari 2019)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR