Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Naik Bus di Jepang? Ini Panduan Lengkapnya...

Kompas.com - 27/Jan/2019, 23:41 WIB
Toei Bus
Toei Bus

OhayoJepang - Ada banyak cara agar berhemat saat traveling di Jepang, salah satunya adalah berkeliling dengan naik transportasi umum seperti bus. Naik bus di Jepang tentu berbeda dengan di Indonesia. Nah, berikut panduan lengkap yang akan memudahkan Anda saat naik bus di Jepang.

Beli Kartu Transportasi IC

Ketika berkunjung ke Jepang, menggunakan kartu transportasi IC seperti Suica dan PASMO memberikan Anda kemudahan saat berkeliling dengan transportasi publik. Kartu Suica dan PASMO dapat digunakan pada kereta, subways (kereta bawah tanah), dan bus. Dengan kartu ini, Anda tidak perlu selalu membeli tiket setiap Anda naik transportasi publik. Selain itu, tarifnya secara otomatis terbayar ketika Anda menyentuhkan kartu ke mesin reader yang terpasang pada gerbang tiket.

Bagaimana cara pembelian dan mengisi saldo kartu tersebut? Baca informasi selengkapnya di artikel: "Cara Membeli Kartu Suica, Kartu PASMO, dan Kartu Transportasi IC?".

Sistem Bus Tokyo

Jika Anda berencana melakukan perjalanan di Tokyo, maka Anda perlu mengenal sistem bus Tokyo. Ada beberapa tipe layanan bus yang dapat membuat perjalanan Anda ke Tokyo menjadi lebih nyaman. Tipe bus ini termasuk bus yang memiliki rute umum dan biasa dipakai orang untuk perjalanan harian. Ada pula bus komunitas yang dioperasikan pemerintah daerah setempat yang memiliki rute mengelilingi area-area tertentu. Selain itu, ada bus tur yang membawa turis dari kan ke berbagai tempat wisata.

Seperti apakah sistem bus di Tokyo? Baca artikel berikut untuk informasi selengkapnya: "Berkenalan dengan Sistem Bus Tokyo".

Naik bus dari depan atau belakang?

Ada dua tipe bus di Jepang yaitu bus yang dinaiki dari depan dan bus yang dinaiki dari belakang. Front-boarding bus atau bus yang dinaiki dari depan adalah penumpang naik dari pintu bagian depan dan membayar tarif bus sesaat setelah naik dalam bus. Sementara itu, rear-boarding bus atau bus yang dinaiki dari belakang adalah penumpang naik melalui pintu belakang dan baru membayar tarif bus sesaat sebelum keluar dari bus atau saat sampai di destinasi yang dituju.

Bagaimana cara naik ke kedua tipe bus tersebut? Baca informasi selengkapnya di artikel: "Naik dari Depan atau Belakang? Ini Dua Tipe Bus di Jepang".

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.