Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Naik Bus di Jepang? Ini Panduan Lengkapnya...

Kompas.com - 27/Jan/2019, 23:41 WIB
Toei Bus
Toei Bus

OhayoJepang - Ada banyak cara agar berhemat saat traveling di Jepang, salah satunya adalah berkeliling dengan naik transportasi umum seperti bus. Naik bus di Jepang tentu berbeda dengan di Indonesia. Nah, berikut panduan lengkap yang akan memudahkan Anda saat naik bus di Jepang.

Beli Kartu Transportasi IC

Ketika berkunjung ke Jepang, menggunakan kartu transportasi IC seperti Suica dan PASMO memberikan Anda kemudahan saat berkeliling dengan transportasi publik. Kartu Suica dan PASMO dapat digunakan pada kereta, subways (kereta bawah tanah), dan bus. Dengan kartu ini, Anda tidak perlu selalu membeli tiket setiap Anda naik transportasi publik. Selain itu, tarifnya secara otomatis terbayar ketika Anda menyentuhkan kartu ke mesin reader yang terpasang pada gerbang tiket.

Bagaimana cara pembelian dan mengisi saldo kartu tersebut? Baca informasi selengkapnya di artikel: "Cara Membeli Kartu Suica, Kartu PASMO, dan Kartu Transportasi IC?".

Sistem Bus Tokyo

Jika Anda berencana melakukan perjalanan di Tokyo, maka Anda perlu mengenal sistem bus Tokyo. Ada beberapa tipe layanan bus yang dapat membuat perjalanan Anda ke Tokyo menjadi lebih nyaman. Tipe bus ini termasuk bus yang memiliki rute umum dan biasa dipakai orang untuk perjalanan harian. Ada pula bus komunitas yang dioperasikan pemerintah daerah setempat yang memiliki rute mengelilingi area-area tertentu. Selain itu, ada bus tur yang membawa turis dari kan ke berbagai tempat wisata.

Seperti apakah sistem bus di Tokyo? Baca artikel berikut untuk informasi selengkapnya: "Berkenalan dengan Sistem Bus Tokyo".

Naik bus dari depan atau belakang?

Ada dua tipe bus di Jepang yaitu bus yang dinaiki dari depan dan bus yang dinaiki dari belakang. Front-boarding bus atau bus yang dinaiki dari depan adalah penumpang naik dari pintu bagian depan dan membayar tarif bus sesaat setelah naik dalam bus. Sementara itu, rear-boarding bus atau bus yang dinaiki dari belakang adalah penumpang naik melalui pintu belakang dan baru membayar tarif bus sesaat sebelum keluar dari bus atau saat sampai di destinasi yang dituju.

Bagaimana cara naik ke kedua tipe bus tersebut? Baca informasi selengkapnya di artikel: "Naik dari Depan atau Belakang? Ini Dua Tipe Bus di Jepang".

Cara membayar

Bus yang beroperasi di rute sekitar pusat Tokyo dan meliputi area yang luas, biasanya tidak mengeluarkan tiket fisik. Anda membayar tergantung dari mana Anda naik, apakah dari depan atau belakang bus. Kami akan menjelaskan cara membayar tarif bus, misalnya Toei Bus. Pada bus yang dinaiki dari depan, Anda akan melihat mesin tarif ini ketika Anda naik bus. Pada bus yang dinaiki dari belakang, mesin ini ada di dekat pintu depan bus.

Bagaimana cara pembayaran saat naik bus? Baca selengkapnya di artikel: "Cara Membayar Tarif Bus di Jepang".

Cara membaca jadwal bus

Saat naik bus, Anda perlu mengetahui cara membaca jadwal bus. Namun perlu diingat, tidak seperti kereta, kondisi jalan yang macet bisa menyebabkan penundaan kedatangan bus. Kita biasanya bisa menemukan jadwal di halte bus.

Jadi, bagaimana cara membaca jadwal bus? Berikut informasinya bisa dibaca dari artikel: "Cara Membaca Jadwal Bus di Jepang"

Jika halte bus terlewat

Jika halte bus yang ingin Anda tuju malah tak sengaja terlewatkan, Anda bisa kembali ke halte tersebut. Hal ini berlaku bila Anda naik bus Tokyo dengan rute tetap. Bus ini secara reguler digunakan warga untuk menuju kantor atau sekolah.

Berikut yang perlu Anda lakukan jika halte bus tujuan Anda terlewat, bisa Anda baca di artikel: "Halte Bus Terlewat, Ini yang Harus Anda Lakukan".

Mengenali jurusan bus yang datang di halte

Ada banyak rute bus di Tokyo termasuk menuju stasiun terminal, seperti stasiun Tokyo dan Shinjuku. Oleh karena itu, ada banyak bus dengan jurusan yang berbeda-beda tetapi berada di halte bus yang sama.

Panduan ini akan membantu Anda mengidentifikasikan jurusan bus yang datang sehingga Anda tidak salah naik bus. Baca di artikel: "Tidak Tahu Jurusan Bus yang Ada di Halte? Ini Tipsnya".

Cara naik highway bus

Jika dibandingkan dengan kereta peluru Shinkansen dan pesawat terbang, bus jalan tol (highway bus) memakan waktu yang lebih lama, tetapi tarif bus jalan tol lebih murah. Jadi, naik bus jalan tol adalah cara terbaik untuk menekan biaya perjalanan Anda selama di Jepang.

Jadi bagaimana cara menggunakan bus jalan tol? Berikut panduannya di artikel: "Cara Menggunakan Bus Jalan Tol"

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR