Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menikmati Sakura dan Kue Khas Jepang di Prefektur Gifu

Kompas.com - 4/Apr/2018, 17:17 WIB
Ukai-zakura di Nagara River Side Gifu Park
Lihat Foto
Ukai-zakura di Nagara River Side Gifu Park

KOMPAS.com - Dalam tradisi Jepang, musim semi sangat erat kaitannya dengan budaya Hanami. Hanami merupakan tradisi menikmati bunga sakura sambil piknik di bawah pohonnya. Di prefektur Gifu, kita bisa puas menikmati sakura dan kue tradisional Jepang. Berikut beberapa tempat sakura terkenal yang direkomendasikan di prefektur ini.

Ukai-zakura di Nagara River Side Gifu Park

Di pinggiran sungai Nagara dan Gifu Park terdapat sekitar 540 pohon sakura dari berbagai jenis, seperti Someiyoshino, Shidare-zakura, Kohigan-zakura dan banyak lagi. Nama Ukai-zakura diambil dari kebiasaan Ukai (berupa penangkapan ikan menggunakan burung komondor) di daerah ini.

Banyak atau sedikitnya jumlah ikan yang dipanen pada acara Ukai biasanya diramalkan dari jumlah bunga sakura yang mekar di tahun tersebut. Waktu terbaik untuk melihat sakura ini adalah akhir Maret.

An de DekoDango berupa dango dengan topping saus matcha yang dibubuhi lembaran emas dan stroberi
An de DekoDango berupa dango dengan topping saus matcha yang dibubuhi lembaran emas dan stroberi
Setelah menikmati sakura, kita bisa mencoba kue tradisional Jepang di toko Wagasi Dokoro Ryokusuian yang hanya berjarak tiga menit dengan kereta. Toko ini terkenal dengan kue dango yang dibuat dengan menggunakan bahan pilihan.

Ada juga hidangan baru An de DekoDango berupa dango dengan topping saus matcha yang dibubuhi lembaran emas dan stroberi. Hidangan ini dijual seharga 540 yen. Bila Anda ingin mencoba hidangan ini, datanglah lebih pagi, karena porsi yang disedikan mengikuti jumlah stroberi yang tersedia pada hari tersebut.

Informasi Tempat
Ukai-zakura Nagara River Side Gifu Park
Alamat : Gifu-ken, Gifu-shi, dari Omiya-machi sampai Kagami-iwa
Waktu buka : 24 jam
Hari libur : Tidak ada
Biaya masuk : Gratis

Terao Gahara Senbon-zakura Park

Terao Gahara Senbon-zakura Park
Terao Gahara Senbon-zakura Park
Spot sakura ini berupa jalan mobil dengan panjang sekitar dua kilometer dari Terao Pass yang terletak pada ketinggian 220 meter di atas laut sampai dengan rute jalan nomor 59 di kota Seki, prefektur Gifu. Pohon sakura jenis Someiyoshino yang berjumlah sekitar 1.000 batang memenuhi kanan dan kiri jalan membentuk pemandangan indah.

Pada musim sakura mekar, jalan ini akan dipenuhi dengan toko-toko kali lima yang berjualan. Waktu terbaik untuk menikmati sakura di sini adalah awal April. Diadakan juga acara light-up di sini.

Sakura Mochi
Sakura Mochi
Berjarak 26 menit dengan mobil dari Terao Gahara Senbon-zakura Park, terdapat toko “Wagashi Dokoro Seki-Toraya”. Kue Jepang yang direkomendasikan adalah Sakura Mochi seharga 118 yen yang cocok dengan musim semi. Sakura Mochi berupa lembaran mochi yang membungkus pasta kacang merah ini memiliki rasa manis dan asin serta keseimbangan aroma yang nikmat.

Informasi Tempat
Terao Senbon-zakura Park
Alamat : Gifu-ken, Seki-shi, Mugegawa-cho Taniguchi Terao
Jam buka : 24 jam (Light-up: 18.00 – 21.00)
Hari libur : Tidak ada
Biaya masuk : Gratis

Garyu-zakura

Edo Higan-zakura yang ada di kota Takayama prefektur Gifu
Edo Higan-zakura yang ada di kota Takayama prefektur Gifu
Edo Higan-zakura yang ada di kota Takayama, Prefektur Gifu, ini menjadi warisan alam nasional karena bentuknya dianggap mirip dengan naga yang sedang berbaring. Kumpulan pohon yang berusia lebih dari 1.100 tahun dengan ketinggian 20 meter ini menjadi landmark yang kuat. Setiap tahun biasanya diadakan Festival Garyu-zakura yang diselenggarakan mendekati waktu mekar sakura yaitu pada pertengahan April.

Ichigo Daifuku
Ichigo Daifuku
Berjarak 20 menit dengan mobil dari sini, terdapat toko kue tradisional Jepang Tohoen. Produk yang paling terkenal di toko ini adalah Ichigo Daifuku berupa mochi berukuran besar dengan isian satu buah stroberi. Paduan tekstur kenyal adonan mochi yang dicampur dengan susu kental manis dan stroberi ini menciptakan kelezatan tersendiri. Kue ini dijual seharga 250 yen per buah.

Informasi Tempat
Garyu-zakura
Alamat : Gifu-ken, Takayama-shi, Ichinomiya-machi 275-1
Jam buka : 24 jam
Hari libur : Tidak ada
Biaya masuk : Gratis

Halaman Berikutnya
Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.