Tips Mengoperasikan Pendingin Udara saat Cuaca Panas di Jepang

Ilustrasi. Tips mengoperasikan AC di Jepang Craig Hastings

OhayoJepang - Cuaca panas tengah dirasakan masyarakat di negara-negara Asia, tak terkecuali di Jepang.

Di tengah udara panas, pemakaian pendingin udara atau air conditioner (AC) jadi cara jitu untuk mendinginkan suhu suatu ruangan.

Sebagian orang yang datang di Jepang, mungkin akan mengalami kesulitan mengoperasikan AC karena remote yang digunakan memakai keterangan berbahasa Jepang.

Supaya kamu tidak bingung, berikut ini cara-cara menggunakan AC saat berada di Jepang, seperti dikutip dari Gaijinpot.

Baca juga: 3 Rekomendasi Museum yang Wajib Dikunjungi Pecinta Anime

Remote AC

Apabila kamu tinggal di apartemen yang sudah dilengkapi perabotan, tapi tidak menemukan remote AC, kemungkinan remote itu dipasang di dinding dekat AC.

Beberapa AC dengan fitur canggih biasanya memiliki fungsi tambahan seperti タイマー (taima, pengatur waktu on-off), 内部クリーン (naibu kurin, self-cleaning setting), 衣類乾燥 (irui kansou, pengaturan pengeringan pakaian).

Cara Menyalakan/Mematikan AC

Tombol on dan off pada remote AC diberi label 運転 dan 停止 (unten/teishi) , yang secara harafiah berarti pengoperasian dan penangguhan.

Baca juga: 6 Rekomendasi Aktivitas Menarik selama Berlibur ke Jepang

Terkadang tombol ini juga diberi label 運転切/入 (unten setsu/iri) atau hanya 切/入 (kiri/iri). Tekan tombol ini sekali dan AC akan menyala.

Halaman Berikutnya

Halaman:

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!