Daun Maple Dimakan Sejak 1.300 Tahun Lalu, Uniknya Tempura Momiji di Osaka

Nikmati tempura momiji yang tak berminyak. Hisakuni Kousendou

OhayoJepang - Doyan tempura? Biasanya, tempura berbahan dasar sayur, udang, dan ayam.

Jika sebelumnya kami membahas sejarah tempura di Jepang, dalam artikel ini, kami akan membahas salah satu penganan paling terkenal saat musim gugur yang juga dimasak sebagai tempura.

Baca juga: Tempura Bukan Makanan Asli Jepang, Ini Sejarah Panjangnya

Nah, penganan tradisional ini adalah hidangan spesial di Hisakuni Kosendou.

Toko tempura di Osaka ini menyajikan tempura “terunik” yaitu tempura daun maple. Ya, kamu tidak salah dengar. Tempura Momiji (もみじ) konon sudah ada sejak 1.300 tahun yang lalu.

Momen kemunculannya yaitu saat En no Gyoja, pendiri aliran Shugendo, mendirikan sebuah klinik pengobatan untuk para rahib Shugendo di Gunung Minoh, Osaka.

Baca juga: 4 Restoran Tempura Legendaris di Fukuoka

Keindahan daun maple yang menutupi daerah ini amat dipuja oleh En no Gyoja dan para rahib. Sampai-sampai, diciptakan hidangan tempura berbahan dasar daun maple. 

Hisakuni Kosendou membuat tempura momiji dengan daun maple yang dibudidayakan di 150 pepohonan yang ditanam oleh toko ini.

Daun di hutan ini dipetik saat sudah keemasan. Kemudian, daun-daun ini dibersihkan dan diawetkan dengan cara diasinkan selama lebih dari satu tahun.

Saat tiba saatnya untuk dimasak, garam di daun-daun ini dibersihkan dengan teliti, lalu dicelupkan ke dalam adonan rahasia dan dimasak dalam minyak menjadi tempura.

Tiap musim gugur, kamu mempunyai kesempatan untuk mengunjungi Hisakuni Kosendou dan melihat penganan ini dibuat langsung di depanmu.

Selama 50 tahun, Setsuko Hisakuni telah merendam daun-daun maple ini ke dalam minyak sayur, bahkan saat ia sudah menikah.

Hisakuni Kosendou
1-1-40 Minoh, Kota Minoh, Osaka
Nomor telepon: 072-721-2747
Buka mulai pukul 9 pagi hingga 6 sore. Toko ini tutup setiap hari Kamis dan tetap buka saat hari libur Jepang. 

(Alfonsus Adi Putra/Sumber: Deep Japan / Osaka Bob / Hisakuni Kousendou)

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!