Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panas-panas Enaknya Makan Es Krim Kecap Asin, Penasaran?

Kompas.com - 12/Oct/2019, 14:16 WIB
Es krim soy sauce
Es krim soy sauce

OhayoJepang - Shoyu atau kecap asin khas Jepang merupakan bumbu utama dalam masakan Jepang. Biasanya soy sauce ini dipakai untuk membumbui makanan misalnya memberi rasa pada ikan maupun daging.

Bagaimana jika shoyu dijadikan es krim? Sebuah kedai di distrik Ono, kota Kazawa, Perfektur Ishikawa, menawarkan es krim soy sauce.

Toko ini sebenarnya menjual aneka hidangan dengan bumbu shoyu. Pengunjung juga bisa membeli aneka produk shoyu. Toko ini merupakan bagian dari usaha Yamato Soysauce & Miso.

Kedai Ono Yamato, Kanazawa
Kedai Ono Yamato, Kanazawa

Yamato Soysauce & Miso merupakan pabrik shoyu yang sudah ada sejak tahun 1911. Uniknya, tempat ini memproduksi makanan fermentasi tradisional berkualitas tinggi yang masih menggunakan metode kuno.

Jadi selain kecap, mereka juga membuat miso hingga saus ponzu (kecap dan sari asam), serta saus-saus lainnya. Pabriknya itu berada di distrik Ono.

Namun ada kedai kecil di distrik Higashiyama yang terkenal di Kanazawa sebagai kota tuanya Kanazawa.

Ini merupakan lingkungan perumahan dan kerap dikunjungi turis karena nuansanya yang dipenuhi rumah-rumah tradisional Jepang dan lorong-lorong jalan setapak bebas kendaraan.

Aneka produk kecap di Ono Yamato
Aneka produk kecap di Ono Yamato

Beberapa bangunan di kawasan kini direnovasi menjadi toko, restoran, maupun galeri. Kawasan ini pun kerap disebut sebagai mirip Kyoto.

Lalu bagaimana rasa es krim kecap? Ishikawa sendiri terkenal tempat beberapa peternakan dan juga produsen susu berkualitas tinggi. Susu yang dipakai sebagai dasar es krim ini begitu kaya rasa, sangat creamy.

Es krim ini adalah perpaduan es krim vanilla dengan shoyu. Ada selintasan rasa manis dengan aroma shoyu yang khas. Seperti rasa karamel yang berpadu dengan rasa susu yang padat.

Aneka produk shoyu, di antaranya merupakan produk halal
Aneka produk shoyu, di antaranya merupakan produk halal

Es krim rasa kecap ini diolah menjadi es krim jenis soft serve. Harga es krim ini 350 yen.

Selain menikmati es krim rasa kecap, kamu juga bisa membeli aneka produk Yamato Soysauce & Miso. Bahkan tempat ini juga menjual aneka produk kecap yang bersertifikasi Halal.

Ono Yamato
1-6-10 Higashiyama, Kanazawa 920-0831, Ishikawa Prefecture
Buka: Setiap hari kecuali Rabu dan libur Tahun Baru, 10:00 sampai 17. 00
Nomor telepon: 076-234-3800

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.