Mencuci Baju di Jepang, Ini Panduan Gunakan Coin Laundry

Coin Laundry KARAKSA MEDIA

OhayoJepang - Coin Laundry merupakan fasilitas laundry self-service yang bisa kamu temukan di jalan-jalan di Jepang. Kita bisa menggunakan mesin cuci dengan cara memasukkan koin ke dalamnya. 

Orang Jepang biasanya menggunakan fasilitas ini untuk mencuci barang berbahan kain yang berukuran besar seperti gorden, selimut musim dingin, dan lain sebagainya. 

Fasilitas ini juga bisa membantu orang asing yang datang berwisata ke Jepang dalam waktu panjang. Jadi bisa mengurangi jumlah baju yang dibawa.

Untuk menggunakan fasilitas ini, kesulitan bahasa kerap ditemukan karena kebanyakan mesin cuci yang tersedia masih menggunakan bahasa Jepang saja. 

Berikut panduan sederhana tulisan di tombol mesin cuci coin laundry. Letak dan fungsi yang disediakan bisa saja berubah sesuai dengan jenis mesin yang disediakan, tetapi fungsi yang disediakan secara umum adalah sebagai berikut: 

Tulisan Jepang Cara Baca Arti コーススイッチ Koosu Suicchi Tombol menu コース内容 Koosu Naiyou Menu Cuci 料金 Ryoukin Biaya ソフト剤不要 Sofutozai Fuyou Tidak perlu Softener 洗剤不要 Senzai Fuyou Tidak perlu Detergent 洗濯と乾燥 Sentaku to Kansou Cuci dan Mengeringkan  洗濯のみ Sentaku Nomi Cuci saja 乾燥のみ Kansou Nomi Mengeringkan saja

Berikut langkah-langkah untuk menggunakan coin laundry. 

  1. Masukkan cucian ke dalam mesin dan tutup pintu mesin dengan rapat. 
  2. Pilih menu cuci yang kamu inginkan

Menu cuci yang disediakan akan berbeda sesuai dengan jenis mesin, secara umum biasanya tersedia tiga menu, yaitu:

Menu cuci ini biasanya disediakan dalam tiga pilihan tergantung dari lama proses yang dilakukan: 40 menit, 50 menit, dan 60 menit. 

  1. Masukan koin ke slot (lubang koin) yang tersedia sebanyak total biaya menu cuci yang kamu pilih. Mesin akan mulai mencuci secara otomatis setelah koin dimasukkan.

Sebagai tambahan, berikut beberapa tips yang mungkin akan membantu kamu saat menggunakan coin laundry.

Pastikan kamu membawa detergent sendiri

Halaman Berikutnya

Halaman:

Kompas.com Play

Lihat Semua
Expand player
Komentar
Dapatkan hadiah utama Smartphone dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!
Tulis komentar Anda...
Lihat komentar tentang artikel ini di Bagian Komentar!