Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Menyibak Rahasia di Kawasan Terlarang Pabrik Mazda Hofu

Kompas.com - 30/May/2018, 13:28 WIB
Mengunjungi pabrik Pabrik Mazda Hofu
Lihat Foto
Mengunjungi pabrik Pabrik Mazda Hofu

KOMPAS.com - Pabrik Mazda Hofu merupakan salah satu pabrik utama dari perusahaan mobil Mazda Motor Corporation yang memproduksi mobil Mazda CX-5 sejak Oktober 2017. Pabrik ini terletak di Kota Hofu, Prefektur Yamaguchi, Jepang.

Dengan melakukan reservasi terlebih dahulu, Anda bisa melakukan tur di beberapa kawasan pabrik 1 di daerah Nishiura ini. Baru-baru ini, mereka membuat sebuah program tur bagi media massa untuk mengunjungi beberapa kawasan yang biasanya tidak bisa dimasuki, seperti wilayah pengepresan di pabrik 1 dan kawasan pabrik 2 di daerah Nishiura. Berikut kami perkenalkan kawasan-kawasan yang jarang bisa dikunjungi tersebut.

Pabrik Mazda Hofu dibagi menjadi dua bagian, yakni bagian yang memproduksi mobil penumpang di daerah Nishiura dan bagian yang memproduksi mesin transmisi di daerah Nakanoseki. Pabrik di Nishiura kemudian dibagi lagi menjadi pabrik 1 dan pabrik 2.

Pabrik di Nakanoseki inilah yang mengembangkan SKYACTIV TECHNOLOGY yang dimiliki oleh Mazda. Setiap tahunnya pabrik Nakanoseki memproduksi kurang lebih 1.140.000 unit mesin SKYACTIV.

Ada tujuh tipe dan 195 jenis mesin transmisi manual dan otomatis yang diproduksi. Mesin tersebut dipasang ke sekitar 80 persen dari mobil yang diproduksi oleh Mazda.

Kawasan Terlarang 1: Wilayah Pengepresan

Kawasan terlarang yang pertama adalah wilayah pengepresan. Di sini lembaran plat baja dicetak menjadi panel bodi tertentu. Bodi mobil dengan tipe desain Kodo yang menjadi kebanggaan Mazda juga dibuat di wilayah ini. Namun, yang menjadi perhatian utama di sini adalah teknologi yang dikembangkan oleh Mazda, yaitu teknologi memproduksi beberapa komponen dalam sekali waktu.

Dengan memasang transfer press berukuran besar, hal ini memungkinkan untuk membuat satu cetakan side frame yang terintegrasi. Selain itu, proses pengepresan beberapa komponen bisa dilakukan dalam sekali waktu, sehingga pekerjaan menjadi sangat efisien.

Selain itu, proses yang dilakukan secara bersamaan ini meningkatkan hasil produksi dan produk akhir pun memiliki garis presisi yang tinggi. Semua proses produksi dilakukan secara otomatis oleh mesin dan plat besi pun dicetak secara terus menerus seperti hasil dari suatu mahakarya.

Bodi yang awalnya berwarna putih dicat secara bertahap hingga berwarna soul red crystal metallic. Dari situ dapat dilihat teknologi yang mengejutkan
Bodi yang awalnya berwarna putih dicat secara bertahap hingga berwarna soul red crystal metallic. Dari situ dapat dilihat teknologi yang mengejutkan

Kawasan terlarang 2: Wilayah Pengecetan

Halaman:
Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.