Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Contek “Itinerary” Liburan Anti-mainstream di Prefektur Shiga Jepang Ini

Kompas.com - 27/Nov/2018, 10:18 WIB
observatorium dengan ketinggian sekitar 630 meter
observatorium dengan ketinggian sekitar 630 meter

OhayoJepang - Prefektur Shiga di Jepang semakin populer dari hari ke hari ini. Salah satunya seperti The Biwako Terrace (Prefektur Shiga, Kota Otsu) yang ramai dikunjungi wisatawan setiap hari.

Ada  masih banyak daya tarik lainnya dari Prefektur Shiga yang belum diketahui. Oleh karena itu, kali ini akan diperkenalkan rencana perjalanan seru di Prefektur Shiga. Kita dapat menikmati  panorama yang indah dan makanan yang unik di kota Takashima yang berada di sisi Danau Biwako.

Retro kafe

Kenyangkan perut sebelum memulai perjalanan. Pertama, ayo kunjungi kafe Kissa Korabo untuk mencicipi makanan sehat yang baik untuk tubuh.

Kafe ini dikelola oleh Shimamura Yoshi Shoten yang bergerak dalam bidang renovasi rumah tua dan menjual kayu yang masih bagus dari rumah tua. Bagian dalam toko yang dibangun dari kayu dan furnitur antik berusia lebih dari 150 tahun ini, memiliki suasana retro yang khas.

kafe Kissa Korabo
kafe Kissa Korabo

Di seluruh sudut toko terdapat berbagai macam teknik arsitektur tradisional Jepang. Misalnya pintu geser kaca dan pilar dengan lubang untuk menggabungkan dua material kayu dari zaman Taisho (1912-1926) dan masih banyak lainnya.

Hidangan “Shugawari Gohan Plate”.  Di dalam foto terdapat juga Chicken Teriyaki dalam set.
Hidangan “Shugawari Gohan Plate”. Di dalam foto terdapat juga Chicken Teriyaki dalam set.

Kafe ini terkenal dengan menu makan siang yang menggunakan banyak sayur, salah satunya “Shugawari Gohan Plate” yang menyajikan tujuh jenis lauk. Hidangan ini dijual dengan harga 1.080 yen. Kita juga bisa tambah nasi putih yang ditanak dengan tungku tradisional sepuasnya secara gratis. Sebagai persiapan perjalanan, ayo makan dengan benar.

Honey Lemon Soda
Honey Lemon Soda

Selain itu, ada juga minuman yang sangat cocok untuk dinikmati saat musim panas, yaitu Honey Lemon Soda seharga 480 yen. Jika memesan dalam set makan siang hanya perlu tambah biaya 250 yen.

Informasi Tempat:
Kissa Korabo
Alamat: Prefektur Shiga, Takashima-shi, Shinasahichoasahi 460
Jam buka: 11.30-16.30, Jam makan siang 11.30-14.00
Hari libur: Hari Rabu (apabila jatuh pada hari libur, cafe tetap buka)

Menikmati panorama bersama dessert unik

Jika perut sudah kenyang, saatnya memulai perjalanan. Ayo kunjungi Biwako Hakodateyama Yuri En (taman bunga Lily Biwako Hakodateyama) yang hanya berjarak 15 menit dengan mobil dari kafe Kissa Korabo.

Di tempat wisata yang baru dibuka pada Juni 2018 ini, kita bisa menikmati pemandangan alam yang hijau hanya pada musimnya (akhir Juni sampai awal Agustus) di Hakodateyama Ski Resort.

bunga Lily
bunga Lily

Terdapat sekitar 50 jenis bunga Lily yang mekar sempurna. Anda akan terpesona dengan pemandangan aneka warna di dalam taman.

kereta Tenku Yuri
kereta Tenku Yuri

Coba berkeliling taman secara lebih mudah dengan naik kereta Tenku Yuri. Dengan harga tiket 500 yen untuk murid SMP ke atas.

Di dalam taman terdapat Biwako no Mieru Oka, bukit tempat terlihatnya Danau Biwa. Di sini Anda bisa menikmati pemandangan sekitar 2,5 juta bunga Lily dan Danau Biwa secara bersamaan.  

observatorium dengan ketinggian sekitar 630 meter
observatorium dengan ketinggian sekitar 630 meter

Dari observatorium dengan ketinggian sekitar 630 meter, Anda bisa menikmati pemandangan Danau Biwa dan Pulau Chikubu yang ada di tengah danau. Tambahan lagi, pemandangan Gunung Ibuki yang membentang luas di depan mata.

Original parfait yang unik
Original parfait yang unik

Ada juga toko khusus parfait bernama LAMP di taman ini. Toko ini menawarkan 10 jenis parfait orisinal. Parfait lucu berbentuk seperti lampu ini unik dan sangat fotogenik. Parfait dengan isian buah-buahan, cokelat, dan lainnya ini dijual dengan harga mulai dari 980 yen.

Selain itu, suasana dalam toko mencitrakan hutan pada malam hari yang dihiasi dengan lampu ini sangat modis.

Interior toko yang mencitrakan hutan pada malam hari
Interior toko yang mencitrakan hutan pada malam hari

Informasi Tempat:
Biwako Hakodateyama Yuri-En
Alamat: Prefektur Shiga, Kota Takashima, Imazucho Hiokimae 4201-4
Jam buka:
- Gondola 9.00-16.30, waktu turun dari jam 9.00-17.00
- LAMP 10:00-17:00 (Last Order 16:30), Jam makan siang mulai dari jam 11:00
Hari libur: Tanggal 27 Agustus (hari Senin) sampai 14 September (hari Jum’at). Perlu konfirmasi ulang pada saat saat musim dingin

Berkendara di sepanjang terowongan hijau

Selanjutnya, mengemudi di sepanjang deretan pepohonan Metasequoia Namiki. Di sini kita dapat bersantai menghabiskan waktu dan melupakan hiruk-pikuk sehari-hari.

deretan pepohonan Metasequoia Namiki
deretan pepohonan Metasequoia Namiki

Pada saat musim panas, pemandangan cahaya matahari yang masuk melalui celah pepohonan terlihat cantik. Bila dipadukan dengan pemandangan pegunungan Nosaka yang berada di kejauhan, panorama menjadi sangat mengagumkan.

Sejauh mata memandang jalan lurus dengan panjang sekitar 2,4 kilometer ini, kita dapat melihat sekitar 500 pohon Metasequoia dengan tinggi sekitar 12 meter yang berjejer. Pada saat musim panas, daun berwarna hijau tua tumbuh dengan lebat. Dari keindahan tersebut, tempat ini bahkan terpilih sebagai salah satu tempat baru pada “100 of new Japanese roadside tree view”.

Informasi Tempat:
Metasequoia Namiki
Alamat: Prefektur Shiga, Kota Takashima, Makino-Chou Hiruguchi - Bokuya
Jam buka: 24 jam
Hari libur: Tidak ada

Mencari oleh-oleh

Di Center House dengan penanda berupa penunjuk arah berbentuk ayam, dijual berbagai oleh-oleh seperti kue manis khas daerah ini dan banyak lagi.
Di Center House dengan penanda berupa penunjuk arah berbentuk ayam, dijual berbagai oleh-oleh seperti kue manis khas daerah ini dan banyak lagi.

Setelah melewati deretan pepohonan Metasequoia, kita akan sampai ke Makino Pickground Takashima City Agricultural Park.

Di sini kita dapat melakukan kegiatan Fruits Picking seperti memetik blueberry yang bisa dilakukan pada bulan Juni sampai September. Selain itu, bisa juga memetik anggur pada bulan Agustus sampai September. Biaya kegiatan ini mulai dari 1.200 yen (murid SMP ke atas).

Di dalam taman ini juga ada tempat penjualan sayuran produksi setempat. Kita bisa membeli buah segar dan sayuran khas musim panas sebagai oleh-oleh khas daerah ini.

tempat penjualan sayuran produksi setempat
tempat penjualan sayuran produksi setempat

Di tempat penjualan sayuran produksi setempat, terdapat blueberry, tomat, kentang, timun, dan masih banyak lagi lainnya.

Gelato
Gelato

Di sini juga dijual Gelato orisinal yang menggunakan bahan buah-buahan hasil produksi taman ini yang populer di kalangan pengunjung. Gelato ini dijual dengan harga 400 yen untuk ukuran single.

Informasi Tempat:
Makino Pickground Takashima City Agricultural Park
Alamat: Prefektur Shiga, Takashima-shi, Makino
Jam buka: 9.00-18.00, November s.d. Maret 9.00-17-00 (berbeda berdasarkan fasilitas)
Hari libur: Hari Rabu (apabila jatuh pada hari libur, maka toko akan libur pada hari Kamis)

Menyegarkan diri dengan berendam di onsen

Akhiri perjalan di Makino Takahara Onsen Sarasa untuk menghilangkan rasa lelah. Pemandian air panas ini memiliki berbagai fasilitas seperti daiokujo (pemandian air panas di dalam ruangan), rotenburo (pemandian air panas terbuka dengan pemandangan alam), Birdie Zone berupa pemandian tempat kita boleh menggunakan baju renang.

Ada juga fasilitas lainnya seperti Outdoor Jacuzzi, Dry Sauna, dan Cold-Water Bath. Dengan dikelillingi oleh pemandangan dataran tinggi dan pegunungan, tempat ini cocok untuk mengistirahatkan perasaan Anda.

Outdoor Jaccuzi – Birdie Zone
Outdoor Jaccuzi – Birdie Zone

Di fasilitas Outdoor Jaccuzi – Birdie Zone, Anda bisa menikmati pemandangan pepohonan hijau nan lebat  di dataran tinggi Makino. Dari sini juga bisa terlihat gunung Akasaka yang terletak di perbatasan Prefektur Shiga dan Prefektur Fukui.

Rotenburo yang dibuat menggunakan batu alam.
Rotenburo yang dibuat menggunakan batu alam.

Rotenburo dibuat menggunakan batu alam. Selain itu, terdapat juga fasilitas pemandian umum yang besar dan low-temperature hot water yang masing-masing terdiri dari 2 jenis.

Informasi Tempat:
Makino Takahara Onsen Sarasa
Alamat: Prefektur Shiga, Takashima-shi, Makino-cho Bokuya 931-3
Jam buka: 10.00-21.00 (Dari resepsionis buka s.d. 20.30);
Sabtu, Minggu dan Hari Libur 10.00-22.00 (Dari resepsionis buka s.d. 21.30)
Hari libur: Hari Rabu minggu ke-2 dan ke-4 (apabila jatuh pada hari libur, maka toko akan libur pada hari Kamis)

Provided by Japan Walker™, Toukai Walker™ (10 July 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR