Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Cara Membaca Jadwal Bus di Jepang

Kompas.com - 13/Aug/2018, 20:56 WIB
Halte bus
Lihat Foto
Halte bus

OhayoJepang - Di sini kami akan menjelaskan cara membaca jadwal bus. Namun perlu diingat, tidak seperti kereta, kondisi jalan yang macet bisa menyebabkan penundaan kedatangan bus.

Foto di atas adalah halte bus. Kita biasanya bisa menemukan jadwal di dalam bingkai merah, seperti tampak pada foto di atas.

Tabel jadwal bus
Tabel jadwal bus

Pertama, lihat pada kolom waktu (kolom sempit pada sisi paling kiri), seperti tampak pada foto yang telah ditandai di atas, dan temukan waktu (menggunakan sistem waktu 24 jam) yang Anda inginkan untuk naik bus.

Lalu, lihat pada sisi atas tabel, seperti yang telah ditandai di foto bawah ini. Jika Anda akan naik bus pada hari kerja, lihat kolom kedua dari kiri. Jika pada hari Sabtu, lihat kolom ketiga dari kiri. Jika pada hari Minggu atau hari libur nasional, lihat pada kolom paling kanan.

Tabel jadwal bus
Tabel jadwal bus

Sebagai contoh, Anda ingin naik bus pada hari kerja setelah jam 9 pagi (dan sebelum jam 10 pagi), lihat pada area yang ditandai pada foto berikut. Ada beberapa bus yang tiba di halte bus pada pukul 9:05, 9:16, 9:27, 9:37, dan 9:51.

Tabel jadwal bus
Tabel jadwal bus

Dengan membaca tarikan garis dari waktu (jam) di kolom bagian kiri ke kolom menit yang tepat, serta kolom berpotongan yang tepat (untuk hari kerja, Sabtu, atau Minggu dan hari libur nasional), Anda bisa mengetahui kapan Anda bisa naik bus. Bus bisa datang tertunda  selama beberapa menit karena kondisi kepadatan lalu lintas.

Provided by Travel Photo Guide™ , Japan Walker™ (6 Februari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.