Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Panduan Mencicipi Tsukemen (Ramen Celup) di Nogata Hope

Kompas.com - 9/Aug/2018, 08:57 WIB
Mi Tsukemen
Mi Tsukemen

OhayoJepang - Ada cara makan mi yang unik di Jepang, yaitu mi dengan rasa polos dicelupkan ke sup dengan rasa yang kuat. Hal ini menjadikan pelanggan bisa mendapatkan citarasa yang diinginkan. Jika mi yang digunakan adalah jenis ramen, metode ini disebut “Tsukemen” atau “Ramen Celup”. Panduan berikut akan memperkenalkan apa itu Tsukemen dan cara memakannya.

restoran ramen Nogata Hope cabang Harajuku
restoran ramen Nogata Hope cabang Harajuku

Kami mendatangi restoran ramen Nogata Hope cabang Harajuku. Ini merupakan restoran bergaya kedai yang berlokasi 10 menit dengan berjalan kaki dari stasiun JR Harajuku, di salah satu sudut lebih sepi dari Harajuku.

Mi Tsukemen
Mi Tsukemen

Mi Tsukemen dengan harga 800 yen (hidangan khusus yang hadir musiman) siap dimakan. Mi ada di dalam mangkuk sebelah kanan. Mi diberi taburan banno negi atau irisan tipis daun bawang. Sup atau kuah mi ada di mangkuk kiri dengan rasa yang lebih kuat dibanding sup ramen biasanya.

Ambil mi sebanyak sekali suap dengan sumpit Anda.
Ambil mi sebanyak sekali suap dengan sumpit Anda.

Setelah direbus, mi langsung dicelupkan di air dingin agar proses memasak berhenti. Di Jepang, metode memasak ini disebut shimeru (pengencangan), Sesuai namanya, mi yang baru direbus menjadi kencang karena proses pendinginan akibat dicelupkan ke air dingin, sehingga mi menjadi lebih elastis. Ambil mi sebanyak sekali suap dengan sumpit Anda.

Pindahkan mi ke mangkuk sup.
Pindahkan mi ke mangkuk sup.

Pindahkan mi ke mangkuk sup. Rasa unik dari mi Tsukumen malah ada pada sup, bukan mi. Jika Anda ingin rasa yang lebih kuat, gunakan saus ramen.

Pastikan semua mi benar-benar terendam dalam sup
Pastikan semua mi benar-benar terendam dalam sup

Jika pada hidangan lainnya yang dimakan dengan cara yang mirip, seperti Zaru Soba (mi soba yang disajikan dengan saus celupan), Anda disarankan tidak mencelupkan seluruh bagian mi ke dalam saus, tetapi cukup sedikit saus menempel pada mi. Sebaliknya, pada ramen Tsukemen, Anda malah harus memastikan semua mi benar-benar terendam dalam sup.

Nikmati mi sama halnya saat Anda makan ramen biasanya
Nikmati mi sama halnya saat Anda makan ramen biasanya

Sekarang Anda tinggal menikmati mi sama halnya saat Anda makan ramen biasanya. Nikmati tekstur yang luar biasa dari mi yang sudah dikencangkan dalam air dingin dan sup dengan rasa yang enak. Ada juga hidangan lainnya bernama Hiyashi Ramen atau ramen dingin. Ini adalah ramen dingin yang dicelupkan ke sup dingin. Tampilannya seperti ramen pada umumnya.

celemek sekali pakai yang terbuat dari kertas
celemek sekali pakai yang terbuat dari kertas

Ini adalah celemek sekali pakai yang terbuat dari kertas. Ketika makan ramen, sup seringkali terciprat ke mana-mana. Jika Anda khawatir baju Anda menjadi kotor, maka ada baiknya gunakan celemek ini. Ketika pelanggan memesan makanan, pelayan Nogata Hope cabang Harajuku biasanya akan bertanya pada pelanggan apakah ingin memakai celemek. Namun, ada banyak restoran ramen yang tidak menyediakan celemek ini.

Nogata Hope merupakan jaringan kedai ramen paling populer di Jepang. Pada kedai ramen kebanyakan, kita harus membeli tiket makan di pintu masuk. Tiket ini digunakan pelanggan untuk memesan makanan saat di dalam kedai. Namun ada beberapa kedai ramen yang tidak melakukan kebiasaan ini. Berikut artikel bagaimana cara memesan makanan di kedai ramen seperti Nogata Hope: Panduan Memesan Makanan di Kedai Ramen “Nogata Hope”

Informasi Tempat
Nama Tempat: Nogata Hope—Harajuku Branch

Alamat: 1-2-1, Jingumae, Shibuya Ward, Tokyo
Nomor telepon: 03-5474-4183
Hari libur: Buka tujuh hari dalam seminggu
Jam buka: 11:00–2:00

Provided by Travel Photo Guide™  and Japan Walker ™  (9 Februari 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR