Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

4 Toko untuk Berburu Kerajinan Tembikar Asal Fukuoka

Kompas.com - 21/Aug/2018, 09:29 WIB
Toko Unagi no Nedoko
Toko Unagi no Nedoko

OhayoJepang - Fukuoka yang berlokasi di Kyushu, Jepang, merupakan “rumah” bagi banyak perajin tembikar, mulai dari daerah penghasil tembikar dengan cara tradisional seperti Koishiwarayaki dan Takatoriyaki, dan juga daerah Itoshima. Ada banyak galeri di Itoshima.

Kali ini, kami akan memperkenalkan select shop tempat Anda dapat membeli barang-barang hasil kerajinan perajin tembikar setempat. Peralatan makanan made in Fukuoka ini cocok untuk dipakai sehari-hari.

1. Toko Unagi no Nedoko

Toko yang berada di kota Yame ini adalah select shop yang memamerkan dan juga menjual perabotan sehari-hari. Perabotan yang ada di sini kebanyakan merupakan produk dari daerah Chikugo (kota di bagian selatan Prefecture Fukuoka) dan beberapa daerah lainnya.

Barang-barang hasil karya sekitar 60 kelompok perajin dan pabrik pembuatan tembikar tersebut, memiliki desain yang hangat. Perbedaan bahan tanah liat dan teknik yang digunakan juga berbagai ciri khas lainnya, menunjukkan betapa bervariasinya kerajinan tembikar dari daerah Fukuoka ini.

shisun sara Tobikanna
shisun sara Tobikanna

Produk “Onimaru Toyoki Kama” dari desa Toho berupa shisun sara Tobikanna (piring kecil dengan diameter sekitar 12 cm) yang dibuat dengan teknik Tobikkana. Produk ini dijual dengan harga 525 yen. Piring ini dibuat dengan ide awal yaitu dapat diproduksi dalam jumlah banyak, dan dijual dengan harga yang murah.

Sometsuke Sobachoko
Sometsuke Sobachoko

Produk “Yu-Ko Kama” dari kota Kita-kyushu berupa Sometsuke Sobachoko (sejenis peralatan makan yang memiliki motif berwana biru dan putih) seharga 2,700 yen. Wadah makanan dengan motif berwarna biru menambah semarak meja makan.

Informasi Tempat
Unagi no Nedoko
Alamat: Fukuoka-ken, Yame-shi, Honmachi 267
Jam buka: 11:30-18:00
Hari libur: Selasa dan Rabu (Apabila jatuh pada hari libur, maka toko tetap buka)

2. Itoshima Ouen Plaza

Itoshima Ouen Plaza
Itoshima Ouen Plaza

Itoshima Ouen Plaza menyediakan berbagai macam barang kerajinan, mulai dari kerajinan tembikar, kayu, kain dan flanel, lukisan dan seni cetak, aksesoris dan aneka hasil kerajinan lainnya.

Semuanya merupakan karya 70 perajin yang tinggal di kota Itoshima. Kita dapat merasakan kekayaan alam Itoshima dengan lautnya yang cantik dan suasana kota meriah dari hasil karya para perajin.

gelas bir
gelas bir

Produk “Fuutagama” dari kota Itoshima berupa gelas bir ini dijual dengan harga 2.160 yen. Lekukan halus pada gelas sangat pas di tangan. Padu padan warnanya pun cantik.

mug
mug

Selanjutnya, produk Tebineri-sha dari Itoshima berupa mug yang dijual dengan harga 2.808 yen. Mug ini dibuat dengan teknik Tebineri-sha dimana seluruh proses dilakukan dengan menggunakan tangan secara satu-persatu. Produk ini memancarkan aura perempuan tersendiri.

piring
piring

Lalu, produk Ito Momoyama-Kama dari kota Itoshima berupa piring seharga 7.560 yen. Warna gradasi biru yang cantik ini dihasilkan dari teknik traditional bernama Washi-zome (teknik pewarnaan tembikar dengan menggunakan kertas bermotif).

Informasi Tempat
Itoshima Ouen Plaza
Alamat: Fukuoka-ken, Itoshima-shi, Shimahatsu 30
Jam buka: 10:00-18:00
Hari libur: Senin dan Selasa di minggu ke 4 (Apabila jatuh pada hari libur, maka toko tetap buka)

3. Utsuwa to kurashi tecara

Utsuwa to kurashi tecara merupakan toko yang direnovasi dari rumah penduduk setempat. Kita dapat menemukan barang-barang hasil kesenian pilihan pemilik toko, Kawaguchi Mika.

Sebut saja produk mulai dari peralatan makan, hasil kerajinan dari kayu, pakaian, aksesoris, barang-barang rumah tangga, dan barang-barang lainnya. Desainnya sederhana yang apa adanya menjadikan kehidupan sehari-hari kita menjadi lebih nyaman saat menggunakan peralatan ini.

Nikmati juga cerita unik peralatan makan yang dibuat oleh para perajin dari Fukuoka dan Kyushu.

Piring berbentuk makam
Piring berbentuk makam

Piring berbentuk makam hasil karya perajin bernama Hashidzume Kayo yang berasal dari kota Yame ini memiliki gagasan unik di balik kelembutan aura feminimnya.

Harga untuk piring berukuran kecil 1.944 yen, ukuran sedang 2.484 yen, dan ukuran besar 3.456 yen.

Teko
Teko

Selanjutnya, Teko seharga 7.560 yen karya Baba Katsufumi To Kobo dari kota Kuruma ini memiliki kesan hangat dan kuat.

Informasi Tempat
Utsuwa to kurashi tecara
Alamat: Prefektur Fukuoka, kota Ukiha, Yoshi-machi Tominaga 2261-10
Jam operasional: 12:00-18:30, Hari sabtu/minggu/dan hari libur mulai dari jam 10:00
Hari libur:  Hari selasa, Rabu, dan Kamis di minggu pertama dan ketiga

4. Toho-mura Anteshoppu With+

Di toko Toho-mura Anteshoppu With+ kita bisa menemukan berbagai produk spesial desa Toho. Ada 10 peralatan makan tembikar hasil karya penduduk desa Toho diperkenalkan dan dijual di sini.

“Daya tarik desa Toho adalah penduduknya yang ramah dan terbuka. Hal ini pun terpancar dari peralatan makan tembikar hasil karya mereka. Toko ini juga berperan sebagai media promosi desa Toho. Kami akan sangat senang apabila Anda juga berkunjung ke sini,” ujar pemilik toko.  

Toho-mura Anteshoppu With+
Toho-mura Anteshoppu With+

Berikut hasil kerajianan tembikar berupa mangkuk dan mug dari perajin tembikar di desa ini

Informasi Tempat
Toho-mura Anteshoppu With+
Alamat: Fukuoka-ken, Fukuoka-shi, Chuou-ku, Torikai 3-7-21
Jam buka: 10:00-18:00
Hari libur: Rabu dan Senin

Provided by Japan Walker™, Kyushu Walker™ (8 May 2018)

Editor : Ni Luh Made Pertiwi F

KOMENTAR