Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Bekas Gedung Sekolah Dasar Fukiya, Dibangun Sejak 1900

Kompas.com - 28/May/2024, 21:39 WIB
Japans oldest wooden elementary school
Lihat Foto
Japans oldest wooden elementary school

OhayoJepang - Jalan-jalan ke Okayama Prefektur di Jepang, yuk! Di sini ada bekas gedung Sekolah Dasar Fukiya yang menyimpan nilai sejarah. 

Gedung ini awalnya dibangun pada tahun 1900 oleh Saburohachi Egawa (seorang pegawai Pemerintahan Prefektur Okayama, 1860 – 1939), yang juga merancang bekas gedung Sekolah Dasar Biasa Senkyo (di kota Maniwa), dan bekas gedung Taman Kanak-Kanak Kyokuto (di kota Okayama), yang ditetapkan sebagai kekayaan budaya penting oleh pemerintah Jepang (dalam kategori struktur). 

Baca juga: Mampir ke Kuil Tsukiji Hongwanji di Dekat Pasar Ikan Tsukiji 

Kala itu, sekolah ini dipandang sebagai salah satu contoh arsitek terbaik untuk sekolah bergaya Barat pada akhir periode Meiji di Jepang.

Sekolah ini lalu ditutup pada tahun 2012. Kemudian, bangunan yang merupakan bagunan kayu tertua di Jepang ini direnovasi sebagai objek wisata.

Di sini, pengunjung bisa belajar tentang sejarah dan juga periodenya. Selain itu, objek wisata ini juga akan memberikan pengetahuan tentang sejarah dan budaya kawasan Fukiya.

Yang menarik, pengunjung bisa menggunakan teknologi berupa realitas ross (XR) yang memadukan dunia nyata dan dunia maya. 

Baca juga: Megahnya Torii di Tengah Laut di Hiroshima Jepang

Untuk kamu yang ingin ke sini, kamu bisa berkendara sekitar 26 km (50 menit) dari Stasiun JR Bitchu Takahashi, melalui Jalan Raya Nasional 180 dan Jalan Raya Prefektur 85.

Ingin tahu lebih lanjut tentang gedung Sekolah Dasar Fukiya, kamu bisa klik link berikut ini:

Sekolah Dasar Fukiya 

 

Sumber:

Japan Online Media Center

Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Most Popular