Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Seri Nihongo Ojisan: Kesalahan dalam Berbahasa Jepang: Ini Keadaan Darurat! Bawa Saya ke Salon!?

Kompas.com - 30/Dec/2023, 21:13 WIB
Ilustrasi.
Lihat Foto
Ilustrasi.

OhayoJepang - "Bawa saya ke rumah sakit!"

Bayangkan kamu berada di situasi darurat, di mana kamu membutuhkan bantuan untuk segera pergi ke rumah sakit saat berada di Jepang. Dalam keadaan panik, kamu meminta tolong kepada seseorang untuk membantumu pergi ke sana dan berharap orang tersebut memahami kata yang kamu maksud.

 

"Kita sudah sampai!" kata orang yang mengantar kamu itu. Namun ternyata setibanya di lokasi, tempat itu bukan lah rumah sakit, melainkan sebuah salon. Ternyata orang itu salah memahami permintaanmu.

Bahasa Jepang memang cukup rumit. Selain fakta bahwa kamu perlu memahami tiga jenis tulisan, hiragana, katakana, dan kanji, kamu juga perlu berhati-hati dengan cara mengucapkan kata-kata dalam bahasa Jepang. Kamu mungkin bisa saja secara tidak sengaja mengatakan sesuatu yang berbeda dengan apa yang kamu maksud. 

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Cara Menolak Sesuatu Menggunakan Kata Daijoubu

Setiap bahasa memiliki intonasi dan pengucapan yang unik dan beragam. Jadi kamu harus berhati-hati, seperti di situasi kali ini di mana kamu perlu dibawa ke rumah sakit, namun justru dibawa ke salon.

Dalam bahasa Jepang, rumah sakit disebut byouin (病院・びょういん), dan salon rambut disebut biyouin (美容院・びよういん). Jika kamu melihat karakter hiragana, kamu dapat melihat bahwa hanya ada sedikit perbedaan kecil, dan sangat mungkin akan ada salah dalam pengucapan.

https://www.instagram.com/p/C1JypZdS-sL/

Ketika ada dalam situasi panik, saya yakin akan mudah untuk melihat bahwa kamu ingin pergi ke rumah sakit, bahkan ketika kamu salah mengucapkan kata byouin (rumah sakit) sebagai biyouin (salon rambut). Namun, jika kamu ingin pergi ke salon rambut, tetapi kamu dibawa ke rumah sakit, tentu itu bisa menjadi sebuah kisah yang lucu untuk diceritakan.

Jadi pastikan untuk berhati-hati saat menggunakan dua kata! Mungkin yang terbaik adalah menunjukkan gambar atau peta sambil menjelaskan ke mana kamu ingin pergi. Ini adalah cara yang juga saya lakukan mulai sekarang. 

Baca juga: Seri Nihongo Ojisan: Cara Menggunakan Sapaan Konnichiwa

Sampai jumpa di yang berikutnya– Otsukare sama!

Editor : Dian Reinis Kumampung

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.