Ohayo Jepang
Powered by

Share this page

Tokutei Gino No.1: Perbaikan dan Perawatan Mobil

Kompas.com - 27/Nov/2023, 18:30 WIB
Ilustrasi perbaikan dan perawatan mobil
Lihat Foto
Ilustrasi perbaikan dan perawatan mobil

OhayoJepang - Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil adalah salah satu bidang dari sistem Tokutei Gino yang diperkenalkan oleh pemerintah Jepang untuk memperluas penerimaan pekerja asing, dan melibatkan pekerjaan seperti perawatan dan inspeksi rutin,  dan berkala, dan perawatan khusus untuk mobil.

Target
Target adalah orang-orang yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk inspeksi dan perawatan mobil dan ingin bekerja di Jepang.
Untuk saat ini, jumlah maksimum pekerja Tokutei Gino yang akan diterima di bidang ini adalah 6.500 orang hingga akhir bulan Maret tahun 2024.

Syarat
Untuk bekerja sebagai pekerja asing dengan Tokutei Gino No.1, hal-hal berikut diperlukan.
● Lulus ujian keterampilan yang diperlukan (ujian tertulis dan praktek)
● Lulus JFT-Basic atau JLPT N4 atau lebih tinggi

Baca juga: Tokutei Gino No.1: Industri Pembuatan Kapal dan Mesin Kapal

Dalam ujian tertulis, pengetahuan dasar tentang inspeksi, perawatan dan lain-lain akan ditanyakan, dan dalam ujian praktek, akan ditanyakan inspeksi perawatan dan pekerjaan terkait dilakukan dengan cara yang benar. 

Orang yang telah menyelesaikan Pelatihan Teknis Magang No.2 di bidang Perbaikan dan Perawatan mobil dibebaskan dari ujian.

Tingkat Kesulitan
Pengetahuan dan pengalaman khusus diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang siap pakai di bidang tersebut, dan tingkat kesulitan cukup tinggi karena ujian keterampilan membutuhkan  teknik dan pengetahuan yang benar.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil dalam Tokutei Gino No.1 adalah bidang yang memberikan peluang kerja di Jepang bagi orang asing yang memiliki pengetahuan khusus dari pengalaman kerjanya.
Karena industri ini mengalami kekurangan tenaga kerja yang serius, permintaan terhadap pekerja asing yang siap bekerja dengan status Tokutei Gino No.1 semakin meningkat.

Baca juga: Tokutei Gino: Konstruksi (Tokutei Gino No.1)

Sumber:
Badan Pelayanan Imigrasi  (https://www.moj.go.jp/isa/content/930005131.pdf )
Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism
("Kebijakan Pengoperasian Sistem Tokutei Gino di Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil," https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001509963.pdf )

("Pedoman Pelaksanaan Ujian Evaluasi Tokutei Gino Bidang Perbaikan dan Perawatan Mobil," https://www.mlit.go.jp/jidosha/content/001335433.pdf )

Disediakan oleh Karaksa Media Partner (November, 2023)

Editor : Redaksi Ohayo Jepang

Komentar

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.